Sport

Emas PON Pertama Meski Kalah Kualitas

 

DENPASAR – Percaya diri dan yakin. Inilah modal pasangan ganda putra snooker Bali I Putu Edy Wirawan dan I Kadek Putra saat meraih medali emas usai mengalahkan pasangan ganda snooker Jawa Tengah, Yoni Rahmanto dengan Ricky Yang pada babak final kelas Snooker 6 Reds Double Putra dengan skor 3 – 1, pada PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) di Pardede Hall Medan Sumatera Utara (Sumut), Selasa (10/9/2024).

Lantas apa yang membuat pasangan Bali sukses mengalahkan pemain label nasional itu ? I Putu Edy Wirawan atau biasa dipanggil Kingkong di kalangan biliar Bali menegaskan jika semua itu tak lebih karena bermain lepas, semangat, percaya diri dan keyakinan tinggi.

“Kalau mau jujur secara kualitas sebenarnya kami kalah dari pasangan Jawa Tengah itu. Mereka berdua kualitasnya di atas kami. Tapi berkat bermain lepas, motivasi, percaya diri dan rasa yakin tinggi, kami berdua mampu meraih emas perdana di PON pertama yang kami ikuti ini,” kata Edy Wirawan diamini partnernya I Kadek Putra yang akrab disapa Patkay itu saat dihubungi usai laga final tersebut.

BACA JUGA:  Kabaddi Putra Persembahkan Emas di National Style

Diakuinya, saat final memang ada kendala tersendiri dimana sempat unggul 1 – 0 namun akhirnya mampu disamakan menjadi 1 – 1.

“Saat itu saya dan Kadek Putra merasa tertekan karena mampu disamakan. Tapi saya dan rekan saya berusaha keluar dari suasana tertekan dengan bermain lepas,” terang Edy Wirawan.

Keluar dari rasa tertekan itu karena dibenak pikirannya dan bisa bermain lepas karena dipikirnya medali perak sudah ditangan.

BACA JUGA:  76 Tahun Sisca dan Sugita Pecahkan Sejarah Emas Tenis Meja PON

“Sempat terpikir ya sudahlah toh medali perak sudah ditangan maka lebih bagus lagi kalau saya dan rekan saya bermain lepas saja tanpa beban. Dan percaya serta yakin dengan performa sendiri. Eh kok malah justeru saya dan rekan saya malah bermain bagus,” terang Edy Wirawan.

Malah sebaliknya pasangan lawan malah kelihatan grogi saat pasangan Bali akhirnya mampu unggul 2- 1 dan percaya diri semakin berlipat. “Bersyukur akhirnya saya dan rekan saya bisa menang dan meraih medali emas,” paparnya.

Hal sama juga diutarakan I Kadek Putra. “Saya sangat senang dan bangga karena akhirnya saya bisa meraih medali emas PON pertama dan juga merupakan pertama kali saya tampil di PON. Sunggah sangat saya syukuri,” tutup Kadek Putra. (ari/jon)

Back to top button