Sport

Desak Rita Ingin Pecahkan Rekor dan Sabet Emas PON

 

DENPASAR – Pecahkan rekor atas Namanya sendiri dan menyabet medali emas di PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Itulah keinginan besar atlet panjat tebing putri andalan Bali, Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Desak Rita sendiri berhasil lolos ke babak final 8 besar pada nomor Speed World Record Putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. Final akan dilakoni Desak Rita pada Rabu (11/9/2024). di Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh.

Dalam babak kualifikasi, atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024 ini finish di posisi kedua waktu terbaik dengan catatan waktu 6,69 detik.

“Tadi Banten yang mencetak catatan terbaik, untuk kualifikasi sedangkan saya sendiri bertekad tampil terbaik gar mampu meraih medali emas sesuai keinginan dan target saya,” jelas Desak Rita saat dihubungi, Selasa (10/9/2024).

Dirinya juga berterima kasih memperoleh perhatian dari Pj Gubernur Bali yang sengaja hadir langsung untuk menyaksikan penampilannya sebelum kembali bertolak ke Bali.

“Terima kasih Pj Gubernur karena telah menyempatkan waktu untuk memberikan perhatian dan dukungan kepada saya dan temen – temen atlet Bali lainnya, dan terima kasih untuk doanya masyarakat Bali kepada saya dan saya minta terus didoakan dan dukung kami atlet Bali di PON Aceh Sumut,” harapnya.

Tak hanya ingin meraih medali emas, Desak Rita juga ingin memecahkan rektor waktu tercepat yang pernah dibukukan sebelumnya.

“Intinya waktu saya kejar secepat mungkin, kalau bisa pecah lagi waktu terbaik saya itu yakni 6,36 detik di Olimpiade Paris lalu,” terang Desak Rita.

Meski begitu, Desak Rita tak ingin jumawa apalagi atlet-atlet lainnya yang tembus 8 besar PON ini memiliki kualitas dan berpeluang meraih medali emas juga.

“Rival saya ada Rajiah, ada Nurul Iqomah, ada dari Riau, Jatim, Jateng dan Sulawasi. Semua atlet yang berkompetisi di sini punya peluang meraih medali emas sehingga saya akan lebih fokus,” tambah Desak Rita.

Di lain pihak, Manajer Panjat Tebing Bali, Putu Dashtika Maya mengutarakan jika performa Desak Rita sudah sesuai dengan harapan.

“Desak Rita dari performa sudah sesuai dari apa yg kami harapkan, mudah-mudahan seluruhnya sesuai dengan apa yang kami targetkan, untuk Desak, saya pikir sudah dalam kondisi prima, tidak ada kendala apapun,” demikian Dashtika Maya. (ari/jon)

Back to top button