DenpasarHukumPemerintahanPolitikTerkini

Polda Bali dan Pemprov Bali Perkuat Sinergitas untuk Sukseskan Pilkada Serentak 2024

DENPASAR – Silaturahmi dan Sinergitas Antar Pemangku Kepentingan Tetap Diperlukan untuk Menjaga Situasi Bali yang Aman dan Kondusif dalam Pilkada Serentak 2024.

Direktur Intelkam Polda Bali yang diwakili oleh Kasubdit I Ditintelkam Polda Bali, AKBP I Wayan Sumara, mengatakan bahwa silaturahmi ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan sinergitas antara Pemerintah Provinsi Bali dan Polda Bali dalam rangka Pilkada Serentak Tahun 2024.

Selain itu, pertemuan ini juga digelar untuk mengantisipasi secara dini apabila muncul permasalahan dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Ini merupakan bentuk berbagi pengetahuan terkait antisipasi kerawanan yang mungkin muncul selama tahapan Pilkada Tahun 2024. Diharapkan seluruh ASN Pemerintah Provinsi Bali tetap menjaga netralitas selama pelaksanaan Pilkada Tahun 2024,” ujarnya.

BACA JUGA:  Terlibat Prostitusi di Seminyak, Dua WNA Rusia Dideportasi

“Sinergitas memang harus selalu ditingkatkan. Apa pun permasalahan yang terjadi, diharapkan ada komunikasi langsung,” kata Asisten I Sekda Provinsi Bali Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dewa Gede Mahendra Putra, dalam pertemuan dengan Ditintelkam Polda Bali, Jumat (6/9/2024) di Denpasar.

Menurut Gede Mahendra, diperlukan peran bersama dalam rangka mengantisipasi kerawanan, baik sebelum, saat, maupun setelah pelaksanaan Pilkada Tahun 2024.

Ia juga mengajak untuk belajar dari pengalaman dan kejadian politik sebelumnya, di mana sejumlah konflik muncul di beberapa daerah, seperti pada tahun 1999 di Kabupaten Buleleng.

BACA JUGA:  9 Polisi di Bali Terlibat Narkoba hingga Pelecehan Seksual Dipecat

“Mudah-mudahan apa yang terjadi sebelumnya tidak terulang dalam Pilkada kali ini. Kita harus mampu memetakan kekuatan politik sehingga dapat menganalisis potensi kerawanan yang mungkin muncul,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Asisten I juga menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan silaturahmi yang bertujuan untuk menyamakan persepsi antara Pemerintah Provinsi Bali dan Polda Bali guna bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif.

“Pemerintah Provinsi Bali akan membentuk tim atau posko untuk mengakomodasi informasi-informasi yang diberikan oleh intelijen. Mari kita perkuat barisan untuk menjaga keamanan Bali,” tegasnya.

Tampak hadir Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Bali I Gusti Ngurah Wiryanata beserta jajaran dalam pertemuan tersebut. (arn/jon)

Back to top button