BudayaBulelengSosialTerkini

Hadiri Ngaben di Desa Tinga-Tinga, Giri Prasta Janjikan Bantuan 300 M Untuk Buleleng

 

BULELENG – Bakal Calon Wakil Gubernur Bali, I Nyoman Giri Prasta bersama Bakal Calon Bupati I Nyoman Sutjidra dan Bakal Calon Wakil Bupati Gede Supriatna, Plt. Bupati Buleleng diwakili Camat Gerokgak I Gede Arya Rimbawa hadiri upacara ngaben massal Desa Adat Tinga-Tinga di Kecamatan Gerokgak.

Selain mengajak krama untuk memahami upacara ngaben sesuai tata cara Hindu yang benar, momentum yang dihadiri ribuan krama itu juga sampaikan janji berupa anggaran paling kecil Rp300 Miliar untuk Buleleng.

“Mari kita bersama-sama memahami dan melestarikan adat budaya yang ada di bali agar tidak punah, ini penting untuk diketahui terutama anak-anak muda saat ini,” tandas Giri Prasta saat menghadiri Ngaben Massal Desa Adat Tinga-tinga, Jumat (6/9/2024).

Selain punia untuk ngaben massal sebesar Rp 50 Juta, kata Giri Prasta, ia juga mempunia untuk tari rejang sari dan tari panyembrama sebesarRp 7 juta, sekaa gong Rp 5 juta, pecalang Rp 5 juta.

“Tentunya jika nanti saya naik dan menjadi wakil gubernur bali, saya akan membantu buleleng dan akan memberikan anggaran hibah untuk desa adat di Buleleng paling kecil Rp 300 Miliyar. Saya juga usulkan MRT sampai Buleleng, ” tandas Giri Prasta diapresiasi Anggota DPRD Buleleng Ketut Ngurah Arya serta prebekel dan kelian desa adat se-Kecamatan Gerokgak.

Selain mengapresiasi komitmen Giri Prasta, Ngurah Arya yang hadir mewakili Ketua DPRD Buleleng juga menyerahkan bantuan hibah Rp 150 Juta untuk ngaben massal Desa Adat Tinga-Tinga Kecamatan Gerokgak.

Menyikapi bantuan tersebut, Gede Sukrada selaku Kelian Desa Adat Tinga-Tinga menyatakan terimakasih atas kehadiran dan bantuan yang diberikan Giri Prasta dan Ngurah Arya serta Pemerintahan Desa Dinas Tinga-Tinga sehingga kegiatan ngaben massal yang diikuti 39 sawa dari sejumlah dadya di wilayah Desa Adat Tinga-Tinga berjalan lancar.

BACA JUGA:  Gugah Semangat Pemuda Tabanan, Wirka Ajak Pemuda Jadi Pionir Bawaslu Bali

“Ucapan terimakasih kami sampaikan, atas kehadiran dan bantuan yang diberikan sehingga upacara pitra yandya, ngaben massa hari ini dapat terlaksana dengan baik,” tandas Sukrada diapresiasi Adi Wirawan.

Selaku Perbekel Desa Tinga-Tinga Kecamatan Gerokgak, Komang Adi Wirawan juga menyampaikan terimakasih atas bantuan Rp 150 Juta dari Pak Ngurah Arya untuk pelaksanaan upacara ngaben massal dan BKK senilai Rp 1 Miliar pada Perubahan APBD tahun 2024 untuk pembangunan gedung Kantor Desa Dinas dan Adat Tinga-Tinga. (kar/jon)

Back to top button