PeristiwaPolitikTabananTerkini

Kedua Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati  Tabanan Dinyatakan Lolos Tes Kesehatan

Lolos mengikuti tahapan selanjutnya

TABANAN – Setelah ditunggu, hasil  tes kesehatan dua bakal pasangan calon ( Bapaslon)  Tabanan di pemilukada serentak 20024 sudah keluar. Kedua Bapaslon dinyatakan lolos kesehatan dan bisa menjalan tugas ketika mereka terpilih.

Berkas hasil pemeriksaan kesehatan disampaikan Komisioner KPU Tabanan Kordiv Teknis Penyelenggaraan Ni Komang Yuni Lestari ketua  LO kedua Bapaslon yang akan bertarung dalam Pilkada Tabanan, Kamis (5/9/2024).

“Hari ini ( kemarin)  kami memang mengundang LO kedua Bapaslon untuk mengambil  berkas fisik  hasil pemeriksaan kesehatan. Hasilnya kami terima kemarin ( Rabu) malam,” ungkap Yuni Lestari.

Dia menegaskan, kalau hasil  pemeriksaan kesehatan dari RS Bali Mandara sudah diterima Rabu malam dan pihaknya langsung mengupload ke SILON Pilkada, sehingga LO atau Bapaslon juga sudah bisa melihatnya.

“Dari hasil pemeriksaan yang kami terima keduanya dinyatakan mampu menjalan tugas, tidak terindikasi penyalahgunaan narkoba , serta  secara jasmani dan rohani mampu menjadi Bupati dan wakil bupati. Keduanya dinyatakan lolos mengikuti tahapan berikutnya,” tandasnya.

Ditambahkan,  saat ini pihaknya masih dalam tahap perbaikan berkas  dan terus berproses sampai final pada 8 September mendatang apakah benar atau tidak benar.

‘’Sejauh ini ada data pembiakan, Bapaslon  mengecek dan mengupload perbaikan ke SILON Pilkada dan konsul ke kami di KPU dan tanggal 8 September sudah selesai melakukan verifikasi perbaikan,”   imbuhnya.

Diakui, memang ada beberapa persyaratan yang perlu perbaikan, namun karena bersifat privasi, pihaknya tidak akan membeberkan dan dipastikan sudah lengkap dan benar. Ada beberapa hal kecil seperti penulisan  nama, tanggal yang harus diperbaiki.

“Ada hal-hal kecil tapi harus diperbaiki sesuai dengan persyaratan Bapaslon. Prinsip tidak ditemukan masalah, semua persyaratan terpenuhi pada saat pendaftaran,” pungkasnya.

Sementara Anggota Bawaslu Tabanan I Made Winarya yang hadir dalam kesempatan tersebut  menyatakan , kalau kehadiran pihaknya  untuk memastikan semua tahapan  mulai proses pengumuman, pendaftaran, pemeriksaan kesehatan sesuai dengan prosedur yang ada.

“Kami melakukan pengawasan melekat ikut setiap tahapan termasuk saat verifikasi berkas bahkan sampai ke kampus  mengecek ijazah dan pengadilan  di Surabaya serta pemeriksaan kesehatan di rumah sakit, kami juga hadir,” tandasnya.

Hal itu kata Winarya dilakukan untuk memastikan proses dan  dokumen yang ada benar dan disampai secara transparan kepada publik.

“Kami mengajak semua masyarakat berpartisipasi dalam pengawasan. Sejauh ini tidak ada temuan, namun kami ingin memastikan  kedua Bapaslon diberikan ruang  yang setara dan adil,” tegasnya. (jon)

Back to top button