BadungPariwisata

GWK Terapkan SEA, Nihil Keluhan di Tengah Peningkatan Kunjungan

BADUNG – Kunjungan wisatawan di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park mengalami peningkatan. Utamanya yakni wisatawan internasional.

Marketing Communication Division Head GWK, Andre Prawiradisastra menuturkan, saat ini rata-rata kunjungan mingguan masih stabil pada angka 3500 – 4000 orang. Itu meningkat dibandingkan kondisi pada bulan Juli, yang berada pada angka 3200 – 3500 orang/minggu.

“Saat ini, kunjungan internasional meningkat menjadi 30 persen, dari sebelumnya hanya 15 persen,” ungkapnya.

Namun menariknya, belakangan ini kunjungan terbilang sulit diprediksi. Karena weekend yang biasanya ramai, justru bisa sepi. “Sudah sebulan ini weekend lebih sepi dari weekdays,” terangnya.

Seiring meningkatnya kunjungan dan bertalian dengan Hari Pelanggan Nasional, kini pihaknya menerapkan SOP baru. SOP dimaksud bernama SEA yang merupakan singkatan dari Service, Excelent, Ambassador.

Dijelaskan dia, program tersebut merupakan peningkatan standar layanan. Mulai dari cara memberikan greeting, menjawab pertanyaan pengunjung, hingga memberikan solusi atas komplain. Melalui SEA, pihaknya berupaya untuk menjaga kwalitas pelayanan dan kenyamanan pengunjung.

SEA diterapkan melalui pemilihan duta atau ambassador yang dilatih melalui workshop dan simulasi pelayanan. Dua puluh petugas terpilih dan terlatih, nantinya diharapkan dapat menularkan pengetahuan yang diterima. “SEA kita bentuk sejak 3 bulan lalu. Kedua puluh petugas ini kita berikan workshop, briefing, dan simulasi,” ungkapnya.

Sejak diterapkan, SOP baru tersebut dirasa telah membuahkan hasil. Hal tersebut terbukti dari ketiadaan komplain apapun yang muncul dari pengunjung. Padahal biasanya, ada saja keluhan yang masuk di setiap bulannya. Di antaranya seperti jalan yang terlalu jauh, panas, dan mahalnya harga tiket.

BACA JUGA:  Bawaslu Badung Rekrut 761 Pengawas TPS

“Jadi kita terangkan experience agar mereka merasa nyaman dan tahu. Kita juga berikan opsi pilihan solusi atas kemungkinan komplain yang dapat terjadi,” jelasnya sembari mengabarkan, berkenaan dengan Hari Pelanggan Nasional, diberikan apresiasi kepada pengunjung Restoran Jendela Bali berupa pemberian cookies dan air mineral. Selain itu, khusus untuk Rabu (4/9/2024), juga diberikan promo 10 persen untuk food and beverage. (adi)

Back to top button