BadungPariwara

Bupati Giri Prasta Hadiri Upacara Pitra Yadnya Desa Adat Serai, Kintamani Bangli

Bupati Giri Prasta saat menghadiri Upacara Pitra Yadnya di Desa Adat Serai Kintamani dan di Banjar Tegal Desa Bebalang, Bangli, Selasa (3/9/2024).

MANGUPURA – Bertepatan dengan Rahina Tilem Karo, Selasa (3/9/2024), Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Upacara Pitra Yadnya Atma Wedana nyekah masal Desa Adat Serai, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Turut hadir Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, anggota DPRD Bali dapil Bangli Sang Nyoman Erawan, anggota DPRD Bangli I Wayan Wirya, anggota DPD RI terpilih I Komang Merta Jiwa, tokoh masyarakat setempat serta krama pemilik sawa.

Sebagai bentuk motivasi dan perhatian  Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan dana pribadi sebesar Rp50 juta.

Dalam sambrama wacananya Bupati Badung Giri Prasta menyampaikan apresiasi dan dukungan atas semangat persatuan yang telah ditunjukkan Krama Desa Adat Serai dalam melaksanakan Upacara Pitra Yadnya Atma Wedana dan Nyekah. Pihaknya sangat mendukung dan berharap upacara ini berjalan dengan lancar dan baik, disamping itu pula diharapkan kepada krama yang memiliki sawa agar betul-betul mengikuti jalannya upacara, mulai dari awal hingga ngelinggihang di Merajan serta harus didasari atas hati yang tulus ikhlas.

“Dalam pelaksanaan karya (upacara) atiwa-tiwa, atma wedana dan sawa prakerti ini, beberapa hal yang patut dipahami, mulai dari mapurwa daksina dengan menggunakan sapi gading atau sapi selem batu, yang akan menghantarkan atma menuju surga. Semua prosesi upacara tersebut dapat diikuti oleh semua keluarga sebagai tanggung jawab serta wujud bakti kepada leluhur yang diupacarai. Saya berharap, dudonan atau rangkaian karya yadnya ini berjalan dengan lancar labda karya, sida sidaning don,” ujarnya.

Sementara Bendesa Adat Serai I Made Sardika mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati Badung Giri Prasta bersama undangan lainnya dalam upacara Pitra Yadnya di Desa Adat Serai ini. Dilaporkan bahwa Upacara Pitra Yadnya atma wedana nyekah ini diikuti jumlah sawa sebanyak 33, ngelungah 15 dan metatah 59 orang yang biaya upacaranya bersumber dari swadaya masing-masing sawa sebesar Rp15 juta.

Seusai menghadiri karya Pitra Yadnya Desa Adat Serai Bangli, Bupati I Nyoman Giri Prasta juga menghadiri karya Pitra Yadnya ngewangun sawa keresian dan memukur di Banjar Tegal Desa Bebalang, Bangli. Karya ini diikuti 95 sawa ngaben dan 28 puspa. Bupati Giri Prasta juga menyerahkan bantuan secara pribadi sebesar Rp50 juta. (litt)

 

BACA JUGA:  Srikandi Garuda Dikukuhkan, Ratusan Ibu-ibu Siap Bergerak Menangkan Suyadinata

 

Back to top button