GianyarPeristiwa

Pura Dalem Sukaluwih Terbakar, Diduga Kena Percikan Api Pelebon

GIANYAR – Di tengah khusyuknya warga mengikuti prosesi pelebon, tiba-tiba dibuat panik dengan kobaran api melalap sejumlah bangunan beratap ijuk di area Pura Dalem Sukaluwih, Minggu (1/9/2024) sekitar pukul 15.30 Wita.

Warga membunyikan kulkul bulus dan berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

“Sebelum kejadian ada orang ngaben di selatan dan kemungkinan terkena percikan api tersebut,”ujar Kelian Pura Dalem Sukaluwih I Wayan Teja Atmaja (44).

Teja Atma menyebut bangunan yang hangus terbakar, yaitu Bale Peselang Agung, Bale Piyasan, Gedong Penyineban Ratu Ayu dan Gedong Penyineban Ratu Dalem. Kerugian material ditafsir mencapai miliaran rupiah.

BACA JUGA:  ARMA Fest 2024 Hadir Kembali, Penghormatan terhadap Warisan Budaya Bali

Terlebih, Bale Peselang Agung di sisi selatan pura dipelaspas belum lama. Bangunan ini yang pertama kali terbakar kemudian merembet ke bangunan lain.

Sembilan unit armada pemadam kebakaran Kabupaten Gianyar dikerahkan ke lokasi.  Krama juga berjibaku membantu menjinakkan api.

Beberapa warga naik ke atap bangunan untuk mencabik-cabik ijuk menggunakan sabit dan alat seadanya. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 18.00 Wita.

Menurut Wayan Teja, Saat kejadian, di dalam areal Pura sejatinya ada beberapa krama yang dapat tugas rutin melakukan pakemitan. “Saya pas diluar, ditelepon pura kebakaran lagi,” ujarnya sembari menyebut kebakaran di pura ini pernah terjadi tahun 2018.

BACA JUGA:  Sempadan Sungai Petanu Dikeruk, Warga Khawatirkan Taman Subak Rusak

Sekadar diketahui, pujawali Pura Dalem Sukaluwih akan berlanjut pada Hari Raya Galungan, Rabu (25/9/2024) mendatang.

Selain itu, krama juga sedang persiapan menyambut karya agung yang dijadwalkan  tahun 2025. Wayan Teja berharap pelaksanaannya bisa berjalan sesuai rencana.

“Astungkara, semoga Karya tetap bisa kita dilaksanakan,” harapnya. (jay)

Back to top button