KarangasemLingkunganRekomendasi

Kebakaran Lahan Meningkat, Warga Minta Damkar Siagakan Armada di Kubu

KARANGASEM – Kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, intensitasnya meningkat dari sebelumnya. Jarak yang ditempuh cukup jauh sehingga membuat upaya pemadaman kerap menemui kendala.

Mengantisipasi hal itu, sejumlah warga mengusulkan agar Damkar Karangasem bisa menempatkan minimal satu unit armada beserta personilnya di rest area Tulamben, Kecamatan Kubu. Usulan itu dilakukan untuk mempercepat penanganan kebakaran lahan yang ada di Kubu dan Abang.

Posisi rest area Tulamben dinilai sangat tepat, mengingat kebakaran lahan kerap terjadi di wilayah perbatasan antara Kecamatan Abang dengan Kubu.

“Melihat kebakaran lahan yang semakin intens terjadi, rasanya tidak salah kalau dilaporkan kepada Bapak Bupati untuk kembali bisa menempatkan mobil Damkar minimal 1 unit di seputaran rest area Tulamben. Penempatan 1 unit Damkar ini bertujuan agar ketika terjadi kebakaran bisa lebih cepat tertangani,” celetuk Gede Intaran, Perbekel Kesimpar, Kecamatan Abang, Senin (26/8/2024).

BACA JUGA:  Wuling dan PT Bali-Kerthi Development Fund Ventura Teken MoU

Menurutnya, permohonan tersebut sudah beberapa kali sempat diusulkan, namun sampai saat ini belum mendapat respon. Ia berharap, usulan ini bisa dipertinbangkan demi efektif dan efesiennya jarak tempuh Damkar agar bisa menempatkan armada di rest area Tulamben.

Merespon usulan tersebut, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Karangasem, I Made Agus Budiasa, mengatakan, kendala penanganan kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Kubu dan Abang secara prinsip tidak ada, tetapi pihaknya terus berupaya memberikan penanganan secara maksimal.

BACA JUGA:  Disaksikan Menko Marves, Pj Gubernur Bali Mahendra Tanam Bibit Mangrove yang Diberkati Paus Fransiskus

“Kebakaran lahan di wilayah Kubu memang meningkat, tapi kami tetap melakukan penanganan bersama dengan stakeholder,” jelasnya.

Dia juga mengakui usulan masyarakat terkait penempatan armada Damkar di wilayah Kubu sangat bagus. Namun usulan tersebut tentu harus dikaji, terutama terkait daya yang ada

“Jangka menengah, kami berencana membangun Pos Damkar di wilayah Kubu. Tapi sebelum rencana terealisasi kami lebih mengedepankan pencegahan dan dan bentuk kepedulian bersama untuk menjaga agar tidak terjadi kebakaran,” tandasnya (wat).

Back to top button