BudayaBulelengPariwisataTerkini

Buka Lovest X tahun 2024, Lihadnyana Gemakan Dari Lovina Buleleng Berbangga

 

BULELENG – Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana membuka secara resmi Lovina Festival (Lovest) X tahun 2024. Selain mendorong pengembangan pariwista bahari, pada momentum yang dihadiri Forkompinda, Sekda Buleleng dan wisatawan juga digemakan harapan dari Lovina Festival Buleleng Berbangga.

“Tujuan dari Lovina Festival adalah untuk promosi sekaligus mendorong pengembangan pariwisata Kabupaten Buleleng yang tidak hanya memiliki wilayah terluas juga pantai terpanjang di Bali untuk pengembangan pariwisata bahari,” tandas Lihadnyna pada pembukaan event tahunan ditandai dengan pengguncangan ‘grumbungan’ di Open Stage Pantai Bina Ria Lovina Desa Kalibukbuk Kecamatan Buleleng, Jumat (23/8/2024).

Kepala BKPSDM Provisi Bali yang mengaku kagum bahkan mengapresiasi kemasan Lovest X tahun 2024 sangat luar biasa juga berharap, event tahunan ini dilaksanakan secara berkelanjutan dan terus disempurnakan kemasannya sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Buleleng.

BACA JUGA:  ARMA Fest 2024 Hadir Kembali, Penghormatan terhadap Warisan Budaya Bali

“Sehingga akan berdampak pada peningkatan hunian hotel dan pelaku pariwisata, tapi juga UMKM Buleleng. Saya juga berharap, dari kegiatan Lovina Festival kita bisa wujudkan Buleleng Berbangga,” tandas Lihadnyana diapresiasi Gede Dody Oktiva Askara.

Selaku Kadispar Buleleng, Dody Oktiva Askara mengungkapkan Lovest X bertajuk ‘Segara Ayu’ yang bermakna lautan yang cantik, digelar selama 3 hari tanggal 23-25 Agustus 2024.

Sesuai dengan tema, kata Dody, event promowisata yang digelar pada 2 venue yakni di Stage Bina Ria Lovina Desa Kalibukbuk dan Tasik Madu Desa Kaliasem dikemas dalam bentuk tampilan seni budaya tradisional dan modern.

BACA JUGA:  Rem blong , Truk Tronton Seruduk Dua Warung dan Satu Mobil

“Untuk di Bina Ria ditampilkan atraksi seni dan budaya, Gang Mebarung, Joged Bebarung, Wayang Wong, Gebug Ende, Kecak dan Megangsing, sementara di Tasik Madu untuk atraksi seni modern, seni musik, fashion show, tolk show cakap digital,” terangnya.

Pada Lovest X yang melibatkan 145 pelaku UMKM ini juga akan ditampilkan atraksi Sapi Gerumbungan yang merupakan ikon pariwisata Buleleng.

“Atraksi Sapi Gerumbungan yang diikuti 12 skee dari Buleleng Barat, Tengah dan Timur akan digelar Minggu, 25 Agustus 2024 di Lapangan Desa Kaliasem. Dari hasil pantauan bersama PHRI, tingkat hunian hotel saat ini di Lovina mencapai 95 % ,” pungkasnya. (kar/jon)

Back to top button