LingkunganPemerintahanTabananTerkini

Bekas Kantor Kesbangpol Tabanan Akan Disulap Jadi Taman Tugu Singasana

 

TABANAN – Pemkab Tabanan berencana membangun Taman Tugu Singasana. Taman tersebut akan dibangun di lahan bekas kantor Kesbangpol dan Pemadam Kebakaran timur pasar Tabanan di Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan.

Saat ini, proses pembangunan Taman Tugu Singasana sedang berlangsung dan diawali dengan pembongkaran bekas bangunan kantor termasuk bangunan untuk truk Damkar. Di depan lokasi pembangunan tersebut juga tertera nama pekerjaan Taman Tugu Singasana yang anggarannya mencapai Rp 2,4 miliar lebih. Pekerjaan sudah mulai berlangsung sejak 1 Agustus 2024 dan akan berlangsung selama 147 hari kerja.

BACA JUGA:  Jangan Takut Melapor! Wirka Sebut Pelapor Dilindungi Identitasnya

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Tabanan I Made Dedy Darmasaputra menjelaskan, taman itu mengusung konsep historis Kota Singasana.

“ Taman Tugu Singasana memiliki konsep masa lalu, masa kini, dan masa depan, veda dengan taman perjuangan di bekas gedung DLH,” ungkap Dedy, Selasa (20/8/2024).

Sesuai namanya, di taman tersebut pada nantinya ada sebuah tugu yang mewakili konsep yang diusung. Pembangunan Taman Tugu Singasana ini akan dilaksanakan secara bertahap. Sampai akhir 2024 nanti, fokus pekerjaan akan diarahkan pada proses penataan lahan yakni pembongkaran bekas bangunan serta pembangunan struktur tugu dan basement.

BACA JUGA:  Hadiri Pernikahan Warga, Bupati Sanjaya Serahkan  Akta Program Semara Ratih

“Pembangunan basement itu karena permukaan lahannya punya perbedaan ketinggian. Kontur tanah dimanfaatkan agar tidak banyak melakukan pengurugan,” sebutnya.

Sampai dengan tahap finishing nanti, taman yang memanfaatkan lahan di antara kantor desa Delod Peken dan PLN tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas tempat duduk bagi warga.

“Sementara ini fokus pada penataan lahan, pembangunan tugu dan basement,” pungkasnya. (jon)

 

 

Back to top button