Umum

Indonesia AirAsia ‘Hattrick’, Buka Tiga Rute Penerbangan Internasional Dalam Dua Pekan

Water salute penerbangan Indonesia AirAsia rute Cairns – Denpasar, Kamis (15/8/2024).

BADUNG – Maskapai berbiaya hemat, Indonesia AirAsia telah mencetak hattrick di bulan kemerdekaan ini. Tiga rute penerbangan internasional dibuka, hanya dalam kurun waktu dua pekan terakhir. Berturut-turut, rute tersebut yakni Denpasar – Kota Kinabalu (Malaysia) pada Jumat (9/8/2024), Denpasar – Phuket (Thailand) pada Sabtu (10/8/2024), dan Denpasar – Cairns (Australia) pada Kamis (15/8/2024).

“AirAsia Hattrick. Langsung buka tiga rute dalam waktu berdekatan. Mulai dari Kinabalu, Phuket, dan sekarang ke Cairns,” ungkap General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan. Cairns, kata dia, adalah sebuah kota yang terletak di Australia. Dan Australia, saat ini masih menjadi pasar terbaik bagi Pulau Dewata. “AirAsia, adalah maskapai kedua yang membuka rute Denpasar – Cairns. Sebelumnya, sudah ada satu maskapai lain dari Australia yang juga membuka rute Cairns,” bebernya.

Saat ini, sambung dia, total sudah ada 9 bandara di Australia yang terkoneksi dengan Bandara Ngurah Rai. Jumlah tersebut melebihi capaian sebelum pandemi Covid-19 yang hanya 7 bandara. “Tambahannya ada Gold Coast dan Canberra,” ungkapnya. Menurut data Januari – Juli 2024, pergerakan penumpang rute Australia – Bali katanya sudah mencapai angka 883.878 penumpang. Posisi tersebut kemudian disusul oleh India dan China.

“Dua dan tiga besar ini biasanya tukar-tukaran posisinya. Kalau Australia, itu sudah terlalu jauh. Karena untuk India angkanya yakni 330.680, sedangkan China 280.344,” bebernya sembari mengatakan, tiga besar kota di Australia yang terlayani adalah Perth, Melbourne, dan Sydney.

Terpisah, Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine mengungkapkan bahwa Indonesia AirAsia melihat permintaan yang besar untuk rute langsung Denpasar – Cairns. Kata dia, semua orang menyukai Bali, namun terdapat banyak peluang untuk memperkenalkan tempat-tempat indah di ujung utara Queensland kepada penumpang dari rute internasional. Di antaranya yakni Great Barrier Reef, yang merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia, dan hutan hujan yang terkenal di dunia. “Sebaliknya, Indonesia dan Asia secara umum terus menjadi destinasi favorit bagi warga Australia yang mencari pengalaman yang unik dan terjangkau,” sambungnya.

Sementara itu, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Sydney, Vedi Kurnia Buana menyampaikan, rute Denpasar – Cairns sekaligus menjadi bukti kuatnya ikatan antara Indonesia dengan Australia. “Pada tahun 2023, sekitar 1,37 juta wisatawan Australia mengunjungi Indonesia, yang menunjukkan minat besar terhadap keberagaman dan keindahan Indonesia. Penerbangan ini tidak hanya akan memenuhi permintaan yang tinggi, tetapi juga mengajak wisatawan dari Cairns untuk menemukan kekayaan budaya dan keindahan alam Indonesia di luar Bali,” sebutnya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS), pada tahun 2023 jumlah wisatawan mancanegara asal Australia yang berkunjung ke Bali mencapai 1.324.410 wisatawan. Hal ini menjadikan Australia sebagai negara asal wisatawan mancanegara terbanyak atau atau memiliki proporsi 25,12% dari total wisatawan mancanegara yang datang ke Bali. (adi)

Back to top button