KarangasemKesehatan

Pangdam IX/Udayana Tinjau Pembangunan Dapur Sehat di Karangasem

KARANGASEM – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi meninjau proses pembangunan dapur sehat yang merupakan program Kementerian Pertahanan di Kabupaten Karangasem,  Jumat (12/7/2024).
Dapur Sehat  di atas lahan seluas 2.450 meter persegi dengan luas bangunan 400 meter persegi tersebut berada di Banjar Ramie Saba, Lingkungan Desa Adat Jasri Kelod, Kecamatan Karangasem, dan dikelola Kodim 1623/Karangasem .
Proses pengerjaannya masih dalam tahap pemasangan dinding tembok batako, pengecoran tiang, melanjutkan pembangunan pos jaga dan perataan lahan sekitar bangunan serta pemasangan pipa saluran limbah.
Dapur sehat bertujuan untuk memastikan anak-anak mendapatkan makanan bergizi secara optimal selama tumbuh kembang.  Program ini juga diharapkan dapat menurunkan angka stunting akibat malnutrisi kronis, serta sebagai motor penggerak ekonomi lokal dan menciptakan lapangan pekerjaan, mengingat bahan-bahan makanan dapur sehat akan memakai produk lokal masyarakat setempat.
Pangdam didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IX/Udayana Ny. Dian Bambang Trisnohadi mengapresiasi upaya dari Kodim 1623/Karangasem untuk mendukung Program Pemerintah yang dicanangkan Kemhan RI. Upaya tersebut bertujuan untuk menumbuhkan serta meningkatkan gizi para generasi mendatang.
Bambang Trisnohadi menyampaikan, dari seluruh wilayah Kodam IX/Udayana, baru Kodim 1623/Karangasem yang saat ini menjadi prioritas pertama atau pilot project. Diharapkan akhir Agustus 2024 dapur sehat sudah bisa dioperasionalkan.
Sementara, Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana dalam siaran pers menyampaikan, setiap harinya melibatkan 3 personel dari Kodim 1623/Karangasem untuk mendukung pembangunan dapur sehat tersebut.
“Pembangunan Dapur Sehat ini digelar secara bertahap diseluruh Indonesia. Program Kemhan ini melibatkan Kodim-Kodim diseluruh Indonesia. Agar distribusi makanan bergizi untuk anak-anak sekolah, pesantren dan balita serta Ibu Hamil di daerah tersebut nantinya akan berjalan dengan lancar”, jelas Kapendam. (dum)

Back to top button