BadungLingkunganTerkini

BOD 2024 Dibuka, Suarakan Pentingnya Konservasi Laut

Foto ist: Pembukaan BOD 2024, Jumat (19/1/2024).

BADUNG – Bali Ocean Days (BOD) Conference & Showcase secara resmi dibuka, di Jimbaran Convention Centre InterContinental Bali Resort Jimbaran, Jumat (19/1/2024).

Kegiatan dihadiri oleh para pemangku kepentingan konservasi termasuk penggiat industri, akademisi, swasta, pemerintah, serta komunitas dan organisasi nasional maupun internasional.Dengan mengangkat tema ‘Exploring Marine Concervation in Indonesia & Beyond’, BOD 2024 mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Termasuk dari influencers, opinion leaders, exhibitor, serta media nasional dan internasional.Upacara pembukaannya dipimpin langsung oleh founder Yayasan Sky Blue Sea, Paul Tan. Yang kemudian disambung sambutan dari Direktur Armada Pertamina International Shipping, Muh Irfan Zainul Fikri, dengan program ‘berSEAnergi untuk laut’ yang menjadi inspirasi masa depan kelautan Indonesia.

BACA JUGA:  Fraksi Golkar DPRD Badung Minta Tunda Pencairan Hibah

“Ekosistem laut memainkan peran penting dalam melestarikan kehidupan di bumi. Dan Bali Ocean Days mendorong lahirnya gerakan sosial, serukan kesadaran akan lingkungan, dan mengubah janji menjadi tindakan nyata tentang pentingnya mencapai serangkaian tujuan penting bagi masa depan planet biru kita, mengurangi polusi laut dan keasaman laut,” ucapnya membeberkan kontribusi Yayasan Blue Sea dan D&A Consulting dalam mengembangkan event BOD 2024 tersebut.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Komite Pelaksana BOD, Yoke Darmawan. Dia mengungkapkan, acara BOD 2024 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melestarikan ekosistem laut.

Khususnya di kepulauan Indonesia yang terkenal dengan kekayaan keanekaragaman hayatinya. “Tema ini menggarisbawahi komitmen Bali untuk menjadi pemimpin global dalam konservasi laut, menampilkan pendekatan inovatif dan upaya kolaboratif untuk mengatasi tantangan seperti penangkapan ikan berlebihan, polusi plastik, degradasi habitat, konservasi koral, dan keragaman biota laut,” sebutnya.

BACA JUGA:  Lantik Pengurus BMI, Supriatna Tegaskan PDIP Buleleng Tak Pernah Kekurangan Kader

Sekilas untuk diketahui pula, sorotan utama dari BOD 2024 mencakup diskusi panel yang informatif, lokakarya interaktif, serta pameran praktik berkelanjutan konservasi laut. Melalui rangkaian kegiatan tersebut para peserta diberi kesempatan untuk bertatap muka dengan para ahli, bertukar ide, dan mengeksplorasi strategi yang dapat ditindaklanjuti untuk melindungi laut.

BOD 2024 juga merupakan bukti dedikasi Indonesia terhadap pembangunan berkelanjutan. Dimana pemerintah memainkan peran utama dalam membina kemitraan dan menerapkan kebijakan mendukung konservasi laut.

Di samping itu, BOD juga berupaya menginspirasi komunitas lokal dan internasional. Yakni agar bergandengan tangan dalam menjaga laut untuk generasi mendatang. (adi)

Back to top button