BulelengPeristiwa

WNA Tiongkok Ditemukan Meregang Nyawa di Pantai Sambirenteng

Evakuasi WNA asal China yang ditemukan tewas di Pantai Desa Sambirenteng.
Evakuasi WNA asal China yang ditemukan tewas di Pantai Desa Sambirenteng.

BULELENG – Apes menimpa seorang warga negara asing (WNA) Sonia Tung Wen Chyi (44)  asal Negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Wisatawan mancanegara (wisman) yang menginap sejak tanggal 15 Mei 2023 di Villa Hollyway Garden ini, ditemukan meregang nyawa, mengambang dengan posisi tubuh telungkup di Pantai Desa Sambirenteng Kecamatan Tejakula. 

“Saat ditemukan Selasa (23/5/2023) sekitar pukul 15.55 Wita, wisman yang diketahui melakukan aktivitas berenang pukul 15.15 Wita ini sudah dalam keadaan meninggal dunia,” ungkap Kapolsek Tejakula AKP Gede Sudiana usai evakuasi jenazah korban yang langsung dirujuk untuk dititipkan di RSUP Sanglah – Denpasar, Rabu (24/5/2023).

Kapolsek Sudiana didampingi Kasi Humas Polres Buleleng AKP I Gede Sumarjaya memaparkan penemuan jenazah ini berawal dari kecurigaan saksi Nicholas Benjamin Schindler asal Prancis saat melihat korban yang diketahuinya sedang berenang di pantai, tidak bergerak. 

“Melihat hal itu, saksi kemudian memberitahu petugas villa dan bersama-sama menarik korban ke pantai dan lanjut melapor ke Polsek Tejakula. Laporan tersebut, langsung disikapi tim opsnal dengan mendatangi TKP bersama petugas medis dari Puskesmas Tejakula I,” terangnya. Berdasarkan hasil pemeriksaan, petugas medis menyatakan korban sudah dalam keadaan meninggal dunia, diduga karena tenggelam dan paru-paru terlalu banyak kemasukan air.

BACA JUGA:   Lolos Verifikasi, Nasdem Buleleng Teruskan Penjaringan 5 Bacalon Ke Nasdem Bali

Namun untuk mengetahui penyebab kematian korban,kata Kapolsek Sudiana, perlu dilakukan pemeriksaan luar dan dalam atau otopsi terhadap tubuh korban. “Untuk sementara jenazah korban dititipkan di RSUP Sanglah, kami juga mengajukan permohonan visum et repertum untuk keperluan penyelidikan terkait bisa mengetahui secara pasti penyebab dari kematian korban. Kasus ini masih ditangani unit Reskrim Polsek Tejakula,” tegasnya. 

Ia menambahkan, selain berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja, serangkaian dengan penanganan kasus ini, penyidik juga telah menghubungi pihak keluarga korban melalui Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Denpasar. (kar,dha)

Back to top button