GianyarKesehatan

Pungut Anjing Liar, Warga Kanada Digigit hingga Rabies

GIANYAR – Warga Kanada, Angela Deliva (46) digigit anjing yang dipungutnya di Banjar Kutuh, Desa Sayan, Ubud, Gianyar, pada 23 September 2024. Hasil pemeriksaan sampel otak terhadap binatang itu dinyatakan positif rabies.

Kepala UPT Keswan Ubud-Blahbatuh, drh. Wayan Widnyana mengatakan, Angela Deliva awalnya memungut anjing betina liar ras campuran di seputaran Banja Kutuh.

“Nah, saat memasukkan anjing ke dalam tas, tangannya digigit. Setelahnya Angela mendatangi klinik Saka Vet di Lodtunduh untuk mendapat perawatan medis,” jelas Widnyana saat dikonfirmasi, Senin (30/9/2024).

Atas saran dokter di klinik tersebut, anjing tersebut diobservasi dan diopname selama 2 pekan, guna memastikan apakah positif rabies.

BACA JUGA:  Gajah di Bali Safari Ngamuk, Seruduk Gembala hingga Tewas

“Namun, pada hari keempat, anjing tersebut mati dan otaknya kami uji lab dan positif rabies,” jelasnya.

Sedangkan korban gigitan, Angela sudah mendapat penanganan medis dan disuntik VAR di RS Bali Medika.

Penanganan medis lanjutan di Puskesmas 2 Ubud dan akan menjalani VAR lagi dua kali.

Drh Widnyana mengatakan anjing liar yang menggigit tersebut berjenis ras campuran yang sengaja dilakukan buang oleh pemiliknya karena betina.

Sementara secara umum vaksinasi anjing peliharaan di Desa Sayan sudah mencakup 80% lebih.

“Vaksinasi sudah dilakukan menyasar anjing peliharaan. Namun ada anjing peliharaan yang lepas liar belum di vaksin,” ungkapnya.

Sedangkan dengan kasus gigitan positif tersebut, area di wilayah gigitan dipantau dan yang lepas liar akan diambil tindakan eliminasi.

“Yang anjing liar di area tersebut akan kami eliminasi sedangkan anjing peliharaan lepas liar kami lakukan eliminasi selektif,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan eliminasi akan berkoordinasi dengan Klian Banjar setempat, Perbekel dan Babinkamtibmas, agar pelaksanaan eliminasi berjalan dengan lancar.

“Diimbau kepada warga agar tidak melepas liar anjing peliharaan. Sebaiknya lapor ke UPT Keswan, nanti kami yang ambil tindakan,”tegasnya. (jay)

Back to top button