BadungPariwara

Bupati Giri Prasta Hadiri Uleman Karya Pitra Yadnya Krama Desa Adat Tinga-Tinga, Gerokgak

Bupati Giri Prasta saat menghadiri Uleman Pitra Yadnya Ngaben Sedaya (Massal) di Pura Dalem Desa Adat Tinga-tinga, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Jumat (6/9/2024). 

MANGUPURA – Bupati Giri Prasta menyampaikan apresiasi dan mendukung atas semangat persatuan yang telah ditunjukkan oleh tokoh dan krama Desa Adat Tinga-tinga dalam melaksanakan karya Pitra Yadnya Atma Wedana dan Nyekah. Ini merupakan suatu bukti bahwa semangat gotong royong dan kebersamaan masih kuat terjalin di tengah masyarakat. Selain melestarikan budaya, acara ini juga menguatkan solidaritas diantara warga. 

“Upacara seperti ini adalah warisan budaya yang harus terus kita lestarikan dan rawat. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pitra Yadnya ini mengajarkan kita tentang rasa hormat kepada leluhur dan tanggung jawab sebagai generasi penerus,” ujar Bupati Giri Prasta memberikan sambutan saat menghadiri Uleman Pitra Yadnya Ngaben Sedaya (Massal) di Pura Dalem Desa Adat Tinga-tinga, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Jumat (6/9/2024). 

Sebagai bentuk motivasi dan perhatian terhadap Karya Pitra Yadnya Ngaben Sedaya Krama Desa Adat Tinga-tinga, Bupati Giri Prasta menyerahkan dana punia pribadi sebesar Rp 50 juta, Sekaa Gong dan Baleganjur sebesar Rp10 juta, Penari Rejang Sari Rp5 juta, Penari Pendet Rp2 juta dan Pecalang Desa Adat Tinga-tinga sebesar Rp5 juta. 

Selain itu, Giri Prasta sangat berharap upacara ini berjalan dengan lancar dan baik, disamping itu pula diharapkan kepada krama yang memiliki sawa agar betul-betul mengikuti jalannya upacara, mulai dari awal hingga ngelinggihang di Merajan serta harus didasari atas hati yang tulus ikhlas. “Saya berharap, dudonan atau rangkaian karya yadnya ini berjalan dengan lancar labda karya, sida sidaning don,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Perbekel Tinga-Tinga Komang Adi Wirawan menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bupati Badung atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan untuk Desa Tinga-tinga. “Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Badung yang telah banyak memberikan bantuan warga melalui program Angelus Buana berupa Hibah dan BKK di Desa Tinga-tinga terutama bantuan untuk Renovasi Kantor Perbekel dan Desa Adat menjadi 1 (satu) lokasi yang berdampingan,” ungkapnya seraya memohon dukungan kepada Bupati Badung untuk merealisasikan bantuan perbaikan infrastruktur di wilayah Desa Tinga-Tinga untuk memperlancar akses perekonomian.

Mewakili krama Desa Adat Tinga-tinga, Bendesa Adat GD Sukrada juga merasa bangga dan mengucapkan terima kasihnya kepada Bupati Badung atas waktu dan kehadirannya memberikan dukungan pada karya Pitra Yadnya Ngaben Sedaya yang puncaknya dilaksanakan pada tanggal 10 September 2024. Karya Pitra Yadnya Ngaben Sedaya Krama Desa Adat Tinga-Tinga diikuti 51 orang metatah, 58 Ngerapuh, 1 Ngelungah, Ngaben 38 sawa dan nyekah 32 sawa. (litt)

 

BACA JUGA:  ‘Disenggol’ Kasus Landak, Giri Prasta: Dulu Siamang Punya Surat Hak Asuh dari BKSDA

 

 

Back to top button