Karangasem

Pemedek Meninggal di Pura Lempuyang Luhur

KARANGASEM-Ketut Sudiasa (60) meninggal  saat melakukan persembahyangan di Pura Lempuyang Luhur, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem,  Minggu (1/9/2024).

Ada dugaan, pria paruh baya asal Banjar Bukti, Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng itu meninggal karena kelelahan.

Informasi yang dihimpun,  Sudiasa meninggal sekitar pukul 13.10 Wita. Sebelum itu, korban bersama keluarga melaksanakan upacara meajar-ajar.

Dua orang pecalang, I Kadek Mustika dan I Gede Sumartana sempat melihat korban bersandar seperti  mengalami kelelahan di bale pesandekan.

BACA JUGA:  Angka Kemiskinan di Kabupaten Karangasem Menurun

Mengetahui korban mengalami kelelahan, salah seorang keluarga korban yang paham kesehatan, berupaya memberikan pertolongan pertama kepada korban. Dan korban diketahui tidak memiliki riwayat sakit apapun. Perihal meninggalnya pemedek di Pura Lempuyang Luhur, menyebar luas, sampai akhirnya petugas kepolisian dibantu masyarakat dan pecalang mengevakuasi jenazah korban dari pura Lempuyang Luhur dengan menggunakan tandu dengan menuruni anak tangga.

Kasi Humas Polres Karangasem, Iptu I Gede Sukadana saat dikonfirmasi, membenarkan kejadian itu. Dia mengatakan, evakuasi jenazah korban dilakukan oleh tim gabungan.

BACA JUGA:  Tinjau PNB Kampus Karangasem, Bupati Gede Dana Tekankan Hal ini

“Tiba di parkiran Telaga Mas jenazah korban langsung diperiksa tim medis. Saat ini jenazah korban masih di titipkan di kamar jenazah RSUD Karangasem,” jelasnya

Sementara itu, Bendesa adat Purwayu, I Nyoman Jati, mengatakan, pasca kejadian ini pihaknya akan berkoordinasi dengan keluarga terkait upacara marerebu alit dengan kurun waktu tiga hari kedepan. (wat)

Back to top button