DaerahKlungkungTerkini

Jelang Pilkada, Subsatgas Siber Polres Klungkung Aktif Patroli di Dunia Maya

Petugas satgas siber Polres Klungkung melakukan patroli pada sejumlah flatform media sosial

KLUNGKUNG – Dengan patroli siber yang efektif diharapkan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Klungkung berjalan aman dan adil.

Subsatgas Siber Polres Klungkung mulai aktif mengadakan patroli di jagat dunia maya.

Dibawah komando Kasubsatgas Siber Iptu I Dewa Nyoman Alit Purnawibawa, petugas memelototi sejumlah platform media sosial, Minggu (1/9/2024) guna memantau potensi kejahatan atau kerawanan yang bisa mengganggu jalannya proses Pilkada 2024.

BACA JUGA:  KPU Buleleng Siapkan Pengosongan Kotak Suara Pemilu Serentak Tahun 2024

Potensi kerawanan yang dapat muncul dalam ruang siber seperti berita bohong (hoax), ujaran kebencian, kampanye hitam.

Sebab, Pilkada sering kali menjadi target penyebaran berita bohong yang dapat mempengaruhi opini publik dan merusak integritas pemilih.

Demikian pula kampanye hitam rawan menimbulkan ketengan atau konflik.

“Patroli siber menjadi bagian dari langkah preventif guna memastikan tidak terjadi penyebaran informasi yang tidak benar,” tandas Kasi Humas Polres Klungkung AKP Agus Widiono bersama Kasubsatgas Siber Iptu I Dewa Nyoman Alit Purnawibawa, seizin Kapolres Klungkung AKBP Alfons W.P Letsoin, Minggu (1/9/2024).

BACA JUGA:  Wirka Ingatkan Sentra Gakkumdu Gerak Cepat Tangani Pidana Pemilihan

Agus Widiono menyatakan, Subsatgas Siber dalam operasi Mantap Praja Agung tahun 2024 melakukan patroli sejak tahapan penelitian persyaratan, hingga penetapan dan pengundian nomor urut Paslon aktif dalam pemantauan di media sosial.

“Tujuan subsatgas ini untuk mencegah berita palsu yang berpotensi menciptakan ketidakstabilan/kerawanan selama masa penelitian persyaratan penetapan dan pengundian nomor urut Paslon ini,” ungkap Agus Widiono. (yan)

 

Back to top button