GianyarKesehatanPolitik

Paket AMAN dan KATA Jalani Tes Kesehatan di RSUD Sanjiwani

GIANYAR – Setelah mendaftar ke KPU Gianyar pada 28 Agustus 2024, pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Gianyar A.A. Ngurah Kekarsana dan I Wayan Tagel Arjana (Paket KATA) menjalani  pemeriksaan kesehatan di RSUD Sanjiwani, Minggu (1/9/2024).

Kedatangan paket KATA tidak berbarengan, pukul 06.55 Wita bakal calon Bupati Gianyar Anak Agung Ngurah Kakarsana tiba terlebih dahulu disusul pukul 07.00 Wita I Wayan Tagel Arjana.

Paslon langsung diterima di ruang transit Poliklinik Eksekutif RSUD Sanjiwani Gianyar. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua KPU Gianyar dan briefing dari Ketua Tim Pemeriksa kesehatan.

Ketua KPU Gianyar, I Wayan Mura menyampaikan, KPU Gianyar dan Tim Pemeriksa kesehatan akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada Paslon dengan standar yang sama sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh KPU RI melalui Keputusan KPU RI Nomor 1090 tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan.

BACA JUGA:  Era Sukadana Siapkan Strategi Hadapi Manuver Lawan di Pilkada Gianyar

“Untuk itu kami menyerahkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dari Paket KATA kepada Tim Pemeriksa untuk dilakukan pemeriksaan sesuai dengan standar pemeriksaan yang sudah ditetapkan”, pungkas Wayan Mura.

Sementara itu, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Gianyar, Ni Made Suniari Siartikawati menyebutkan bahwa bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gianyar akan melaksanakan beberapa jenis pemeriksaan kesehatan yaitu anamnesis dan analisis riwayat kesehatan, pemeriksaan jiwa (rohani), pemeriksaan fisik (jasmani), pemeriksaan penunjang wajib seperti pemeriksaan laboratorium yang meliputi darah dan urin dan tes Prostat Specific Antigent (PSA).

“Selain anamnesis, pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan pemeriksaan penunjang wajib, pasangan calon juga melakukan pemeriksaan penunjang lainnya dengan memperhatikan indikasi-indikasi sesuai dengan kebutuhan atas pertimbangan dokter pemeriksa”, terangnya.

BACA JUGA:  Ketua DPRD Gianyar Prioritaskan Penanganan Pasar Ubud

Dengan banyaknya elemen pemeriksaan sesuai standar yang tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 1090 tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan Dalam Pilkada 2024, KPU Gianyar mengestimasikan pukul 19.25 pemeriksaan sudah selesai dilakukan untuk selanjutnya Tim Pemeriksa Kesehatan akan menilai hasil pemeriksaan tersebut melalui rapat pleno tim pemeriksa kesehatan yang dituangkan ke dalam berita acara hasil pemeriksaan kesehatan.

Saat pemeriksaan kesahatan paket KATA mengaku tidak melakukan persiapan khusus. Mereka mengaku hanya mengurangi bergadang saja. “Tidak ada, kita kurangi bergadang,” ujar Tagel Arjana singkat.

Sebelumnya, paket AMAN yakni I Made Mahayastra dan Anak Agung Mayun, telah melakukan pemeriksaan kesehatan Jumat, 30 Agustus 2024. (jay)

Back to top button