KlungkungPemerintahanTerkini

Website Pemkab Klungkung Kena Retas, Surat Menyurat Terganggu

Website Pemkab Klungkung kena retas akibatnya kegiatan surat menyurat secara elektronik terganggu

KLUNGKUNG -Website Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung,  https://klungkungkab.go.id, kena retas sejak Kamis (29/8/2024). Hingga Jumat (30/8/2024) webiste belum bisa diakses.

Akibat ulah peretas, layanan surat menyurat secara elektronik dan penyebaran informasi Pemkab menjadi terganggu. Sebagai solusi sementara agar kegiatan  surat menyurat antar instasi hingga ke tingkat desa dapat berjalan, surat dikirim melalui pesan WhatsApp.

BACA JUGA:  Buleleng Raih Penghargaan Nasional 'IMDI 2024' dan Terbaik di Bali

Peristiwa ini terungkap bermula ketika ada Organisasi Perangkat Daerah hendak menggunakan layanan surat elektroik, namun website Pemkab Klungkung sama sekali tidak bisa diakses.

Setelah dikomunikasikan dengan Organisasi Perangkat Daerah yang lainnya, juga mengalami hal sama,website tidak bisa dibuka.

“Sempat tidak bisa diakses, beberapa layanan seperti surat menyurat sempat terganggu. Sekarang sudah ditangani, semua berangsur pulih,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Klungkung I Gusti Ketut Suardika, Jumat (30/8/2024).

BACA JUGA:  Tercatat 90.394 Unit Kendaraan Wajib Pajak Manfaatkan Relaksasi Pajak

Menurut Gusti Suardika, website sudah mulai ditangani dan beberapa fitur layanan sudah mulai bisa digunakan namun  secara keselurahan belum semuanya pulih dengan normal.

“Awalnya tim IT memperkirakan perbaikannya butuh waktu 3 hari baru pulih, ini dua hari sudah berangsur pulih,” jelas Gusti Suardika.

Kedepannya security website bakal terus ditingkatkan sehingga tidak mudah terkena hacker. (yan)

Back to top button