DenpasarTerkini

Polri-TNI Siap Amankan KTT IAF di Nusa Dua

DENPASAR – Personel gabungan TNI-Polri melaksanakan apel gelar pasukan pengamanan KTT Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum on Multi Stakeholders Partnership (HLF MSP) tahun 2024 di Nusa Dua, 1-3 September mendatang.

Apel gelar pasukan dipimpin Kabaharkam Polri, Komjen Mohammad Fadil Imran dan Pangkogabwilhan II Marsekal Madya TNI Muhammad Khairil Lubis di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Jumat (30/8/2024).

Komjen Fadil Imran mengatakan, apel gelar pasukan bukan sebuah demonstrasi kekuatan, tetapi refleksi kuat antara TNI dan Polri dan semua pemangku kepentingan terkait wujud kesiapan mengamankan agenda internasional yang akan akan dihadiri sekitar 1.800 peserta.

BACA JUGA:  Flame Spa Seminyak Diduga Sediakan Bilik Prostitusi

“TNI dan Polri sudah sangat siap untuk memastikan keamanan selama perhelatan ajang internasional tersebut, baik personel, peralatan maupun strategi,” tegasnya.

“Persiapan kami tidak hanya sebatas fisik dan teknis, tetapi juga meliputi aspek perencanaan strategis yang matang. Personel kita sudah menyiapkan diri untuk menghadapi potensi resiko yang mungkin timbul dengan respon yang cepat, tepat, efektif dan terukur,” imbuhnya.

Untuk diketahui, dalam pengamanan KTT Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum on Multi Stakeholders Partnership (HLF MSP) tahun 2024, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi Operasi, Puri Agung II-2024 dan melibatkan sebanyak 4.600 personel Polri.

BACA JUGA:  KPU Tunggu Tanggapan Masyarakat Klungkung Soal Tiga Paslon Yang Akan Bertarung di Pilkada 2024

Dalam Operasi ini, Polri akan bertanggung jawab terhadap keamanan berlapis di ring tiga dan VIP. Khusus ring tiga adalah lapisan terluar yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Polri dituntut untuk menampilkan sosok pengamanan yang humanis, ramah, namun tegas, sehingga mampu mereduksi potensi ancaman keamanan yang mengganggu jalannya KTT Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum on Multi Stakeholders Partnership (HLF MSP). (dum)

Back to top button