DenpasarPendidikan

LSPR Fasilitasi Guru BK Tingkatkan Personal Branding

LSPR Teacher Training 2024, Optimalkan Kompetensi Guru BK di Bali

LSPR Bali Teacher Training 2024 dengan tema “Empowering Educators”.

DENPASAR – Degan semangat Kurikulum Merdeka, peran Bimbingan Konseling (BK) menjadi semakin penting untuk mengembangkan kompetensi, kepemimpinan, dan kesiapan diri siswa di masa depan melalui penyusunan modul yang strategis, praktis dan efektif.

Selain itu, untuk meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme di lingkungan pendidikan, guru BK juga perlu siap membangun Personal Branding yang kuat agar menjadi teladan yang inspiratif bagi semua terutama siswa dan orang tua.

Dalam mendukung hal tersebut, maka LSPR Institute of Communication and Business – Bali berkolaborasi dengan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Kota Denpasar kembali menyelenggarakan LSPR Bali Teacher Training 2024 dengan tema “Empowering Educators” dengan berbagi pengetahuan, wawasan mendalam, pengalaman, serta diskusi strategi mengenai penyusunan Modul Layanan BK & Personal Branding untuk para guru kepada Guru Bimbingan Konseling (BK) SMA/SMK di Bali.

Acara pelatihan ini digelar secara hybrid di Auditorium LSPR Bali dengan antusiasme partisipan mencapai 70 orang.

Peserta dibekali dengan dua sesi pelatihan yang bermanfaat, Sesi 1 mengangkat topik tentang Mastering Personal Branding for Teachers oleh Ms. Gesille Sedra Buot, MBA selaku Executive Director LSPR Bali, yang mengupas strategi dan tips efektif dalam membangun personal branding bagi para guru guna meningkatkan kepercayaan diri, dan mengembangkan karir guru agar dikenal sebagai profesional yang kompeten, empati, dan inovatif dalam pendekatan mereka terhadap layanan bimbingan serta menunjang reputasi profesional di lingkungan sekolah.

BACA JUGA:  Kompetisi Mini Soccer PS Pemprov Bali Digelar, Semangat Kebersamaan Aparatur Sipil Negara Meningkat

Sesi 2, bertema Penyusunan Modul Layanan BK dibawakan oleh Ibu Ni Nyoman Sri Agustini Andayani, M.Pd selaku Ketua MGBK Kota Denpasar, dalam sesi ini peserta diajak untuk memahami langkah-langkah penyusunan modul bimbingan dan konseling yang relevan dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas layanan BK di sekolah  dengan saling berbagi pengalaman dan praktik terbaik  terkait Rencana Modul Pelaksanaan layanan bimbingan konseling tahun ajaran 2024/2025 dan Perencanaan Ekuivalensi Kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling di luar Kelas.

Ni Nyoman Sri Agustini Andayani, M.Pd selaku Ketua MGBK Kota Denpasar serta narasumber pada acara hari ini menyatakan, sebagai Ketua MGBK Kota Denpasar sangat bangga untuk kolaborasi acara pelatihan tahunan yang sangat luar biasa dari LSPR.

“Kegiatan ini patut di apresiasi dan dilanjutkan secara berkesinambungan untuk terus meningkatkan keterampilan dan kompetensi Guru BK dalam mengoptimalkan layanan mereka untuk menciptakan pengalaman belajar dan jam layanan yang berpusat pada kebutuhan peserta didik sehingga dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik dan mendukung perkembangan potensi siswa secara menyeluruh,” paparnya.

Salah satu peserta pelatihan Ni Putu Sumartini, S.Pd, M.Pd selaku Guru BK SMAN 4 Denpasar, mengucapkan terima kasih kepada LSPR Bali yang sudah memfasilitasi dalam memberikan wadah bagi para guru Guru Bimbingan Konseling (BK) di SMA/K se-Bali.

“Kegiatan ini penting untuk memperbarui pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan sekarang. Kami percaya bahwa dengan dukungan pelatihan seperti ini, para guru BK akan lebih siap menghadapi tantangan yang ada dan mampu memberikan solusi yang inovatif dalam mendampingi perkembangan siswa,” ujarnya.

Dengan demikian, LSPR Teacher Training 2024 dapat menjadi momentum penting bagi para pendidik untuk terus mengembangkan diri, mengasah kompetensi, dan memperkaya wawasan. Melalui program ini, diharapkan para guru dapat semakin percaya diri dan tangguh dalam menjalankan peran mereka sebagai penggerak utama dalam dunia pendidikan. (dha)

Back to top button