KarangasemPolitikRekomendasiTerkini

Dana-Swadi Deklarasi, Karangasem ‘Jani Wi’ Berkumandang

KARANGASEM – Deklarasi koalisi parpol pengusung dan pendukung, serta relawan calon Bupati Karangasem dan calon Wakil Bupati Karangasem, I Gede Dana dan I Nengah Swadi, membuat jantung Kota Amlapura, bergetar pada Kamis (29/8/2024) pagi.

Pekikan Karangasem ‘Jani Wi’ (Jana Kerthi Wikrama) yang menjadi jargon pasangan calon dengan nama panggung NaDi itu terus berkumandang di area deklarasi yang dipusatkan di lapangan Taman Budaya Candra Buana.

I Gede Dana dan I Nengah Swadi bersama 12 partai pendukung melepas burung perkutut penanda kebebasan.

Dentuman gong baleganjur yang dimainkan puluhan sekaa gong dari delapan kecamatan, membuat lokasi tempat dilaksanakannya deklarasi riuh bergemuruh.

Pentas seni tari dan kesenian tradisional genjek, serta tari gebug ende yang ditampilkan, sebagai bukti bahwa paket NaDi sangat serius dalam menjaga seni tradisi warisan leluhur di gumi lahar.

Sebelum bergerak ke KPU, relawan dari unsur lembaga adat, komunitas seni budaya, petani, nelayan, pengrajin IKM, pedagang, pelaku pariwisata dan kelompok pemuda juga menyatakan kesiapannya untuk mengawal dan memenangkan paket NaDi di Pilkada Serentak pada 27 November 2024.

“Alasan kami memilih Dana-Swadi, karena memiliki konsep pembangunan semesta berencana untuk nindihin lan ngajegang jagat Karangasem menuju Jana Kerthi Wikrama (Jani WI), yang pradnya kerta santhi dan Nadi,” ucap Jro Selem ( I Gede Sarjana ), selaku koordinator deklarasi relawan paket NaDi.

Sebelumnya, ketua tim pemenangan paket NaDI, I Wayan Swastika mengatakan, deklarasi dan pendaftaran pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan, Gerindra, Hanura, Perindo, PSI, dan didukung Partai Demokrat, PSI, Gelora, PBB, PPP, PKN, serta PAN, memang berkonsepkan budaya dan berlaku serentak di seluruh Bali saat mendaftarkan pasangan calon ke KPU yang dikawal langsung 5 penari Hanoman.

BACA JUGA:  Relawan Suyadinata Bertemu, Rencanakan Pembentukan Tim Hingga Tingkat Banjar

“Pemilihan umum di Kabupaten Karangasem merupakan gerakan kebersamaan berbasis gotong royong. Kami bersama-sama mendaftarkan paket NaDi ke KPU dengan rasa riang gembira dan tertib. Astungkara semua proses pendaftaran yang kami lakukan berjalan lancar dan sukses,” ucapnya.

Menurut Swastika, penerapan konsep pembangunan semesta berencana merupakan sebuah keharusan yang berkelanjutan dengan outcome masyarakat Karangasem yang sejahtera. Artinya, paradigma perubahan yang dulunya produktif dan efisien akan lebih bermanfaat melalui inovasi, kreativitas dan entrepreneurship untuk mewujudkan Karangasem Jani Wi.

“Pembangunan Karangasem yang tertata dengan baik, terpola, menyeluruh, terencana, terarah dan terintegrasi dalam satu kesatuan di Karangasem merupakan suatu keharusan tindakan yang berdaulat sesuai dengan prinsip Tri Sakti Bung Karno, sebagai Bapak Proklamator dan Bapak Bangsa,” jelasnya.

Sementara itu, calon Bupati Karangasem, I Gede Dana mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, tokoh adat serta kawan – kawan dari Golkar yang hadir berikut 12 Parpol yang sudah memberikan dukungan dengan tulus tanpa mahar kepada pasangan NaDi menuju Pilkada Serentak, November mendatang.

Program yang sudah dikerjakan dan dirasakan masyarakat selama 4 tahun menjadi menjabat Bupati Karangasem, kata Gede Dana, tetap dilanjutkan. Program yang dimaksud itu, diantaranya, AJP (antar jemput pasien), bantuan dana hibah ke banjar adat sebesar Rp 30 juta, bantuan desa adat dari Rp 30 juta pada tahun 2025 akan menjadi Rp 75 juta.

BACA JUGA:  Pj. Gubernur Bali Terima Paparan Kerja Sama Pengelolaan Sampah dari Weiming Environment Protection Group

“Pemberian dana hibah untuk banjar adat dan desa adat ini akan terus kami tingkatkan. Selain itu, banyak juga program yang menyentuh masyarakat sampai di Desa, seperti akte kematian dan akte kelahiran. Dan sekarang warga Karangasem jika berobat sudah gratis, begitu juga yang nunggak BPJS sudah diperjuangkan agar bisa tetap berobat gratis.

Senada dengan Gede Dana, Calon Wakil Bupati Karangasem, I Nengah Swadi mengungkapkan rasa kebahagiannya karena dengan begitu tulusnya rekan, teman, masyarakat beserta Parpol yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk mendampingi Gede Dana sebagai calon wakil Bupati Karangasem.

“Hari ini saya sangat bahagia sampai meneteskan air mata karena begitu tulusnya teman – teman memberikan kepercayaan kepada saya untuk mendampingi Bapak Gede Dana, atas kepercayaan ini saya siap maju menjadi wakil Bupati Karangasem,” ucap Swadi,

Dari lubuk hati yang paling dalam, Swadi juga menyampaikan terima kasih kepada semua lapisan elemen masyarakat Karangasem yang sudah mensupport paket Dana-Swadi.

“Semoga ke depan saya bisa berbuat maksimal untuk karangasem dan terus berinovasi untuk kemajuan Karangasem,” tandas Swadi. (wat)

Back to top button