BadungBudaya

Puluhan SD Se-Kuta Selatan Tutup Bulan Kemerdekaan dengan Parade Budaya Nusantara

BADUNG – Ratusan guru dan anak Sekolah Dasar (SD) se-Kuta Selatan (Kutsel) menyelenggarakan Parade Budaya Nusantara, Kamis (29/8/2024). Dengan menampilkan berbagai busana nusantara, mereka berjalan dari titik Kantor Camat Kutsel menuju UPT Disdikpora Kecamatan Kuta Selatan.
Camat Kutsel, Ketut Gede Arta yang membuka pelaksanaannya mengungkapkan, parade tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kutsel. Dari pertama yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2024 lalu, berupa gerak jalan indah yang diikuti oleh 61 SD se-Kutsel. “Jumlah pesertanya itu sekitar 1.250 orang dengan rute Nusa Dua – Lapangan Lagoon – Nusa Dua,” ungkapnya.
Kemudian kedua, adalah pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Monumen Pahlawan Nasional Brigjen (Anumerta) I Gusti Ngurah Rai, Carangsari. Selanjutnya adalah upacara peringatan HUT RI di Pulau Nusa Dharma, The Nusa Dua pada tanggal 17 Agustus 2024.
“Lalu, yang terakhir, di penghujung bulan Agustus 2024 ini, dilaksanakanlah Parade Budaya Nusantara. Ini melibatkan SD negeri dan swasta se-Kutsel,” ungkapnya.
Dalam parade, didampingi oleh para guru, anak-anak SD menunjukkan berbagai busana nusantara. Kegiatan diiringi dengan marching band dan bleganjur oleh para siswa dan siswi SD. “Pelaksanaan berbagai rangkaian ini kami harap dapat membentuk karakter generasi berwawasan kebangsaan dan bertalenta unggul,” harapnya. (adi)

Back to top button