DenpasarPariwara

Wali Kota Jaya Negara Hadiri Upacara Melaspas dan Mecaru

Serangkaian Karya di Banjar Abian Kapas Kelod

Wali Kota Jaya Negara turut Ngayah Mesolah Topeng Dalem Arsa Wijaya bersama seniman lokal Desa Sumerta. 

DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Upacara Melaspas dan Mecaru serangkaian Karya Ngenteg Linggih, Pedudusan Alit, Pemelaspas Mupuk Pedagingan Lan Mecaru Rsi Gana Ring Parahyangan Banjar Abian Kapas Kelod, Desa Adat Sumerta, bertepatan dengan Rahina Soma Kliwon Wuku Wariga, Senin (26/8/2024). 

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Jaya Negara turut Ngayah Mesolah Topeng Dalem Arsa Wijaya bersama seniman lokal Desa Sumerta. 

Diiringi suara gamelan dan kidung, rangkaian upacara berlangsung khidmat. Turut dipentaskan pula Topeng Wali yang diakhiri dengan topeng Sidhakarya. Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati, Bendesa Adat Sumerta, I Made Aryawan Payusa, tokoh masyarakat serta undangan lainya. Seluruh rangkaian upacara diakhiri dengan persembahyangan bersama yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Oka Mas Griya Satria. 

Klian Adat Banjar Abian Kapas Kelod, I Wayan Krisna Saputra menjelaskan, pelaksanaan karya ini  bertujuan untuk menjaga kesimbangan alam semesta beserta isinya. Hal ini juga untuk menetralisir aura negatif yang mengganggu kehidupan manusia, khususnya krama Banjar Abian Kapas Kelod. Sehingga dapat mewujudkan kehidupan yang aman damai gemah ripah loh jinawi. Karya ini juga sebagai wujud syukur kepada sang pencipta atas anugrah yang diberikan. 

“Tujuannya tentu tidak lain adalah untuk menjaga keseimbangan alam semesta beserta isinya serta menghindari seluruh umat manusia dari marabahaya, serta sebagai wujud syukur untuk senantiasa diberikan tuntunan dalam melaksanakan tugas kewajiban,” ujarnya 

Adapun rangkaian karya telah dimulai sejak tanggal 14 Agustus lalu dengan matur piuning karya, nanceb dan nyukat genah karya. Dilanjutkan dengan Upacara Ngingsah pada 24 Agustus lalu. Dan pada hari ini dilaksanakan Upacara Melaspas dan Mecaru. Untuk Puncak Karya akan berlangsung bertepatan dengan Tumpek Wariga pada 31 Agustus mendatang. Selanjutnya Ida Bhatara Nyejer hingga Nyenuk pada 2 September mendatang. Sedangkan upacara Nyegara Gunung akan dilaksanakan pada 3 September 2024. 

Wali Kota  Jaya Negara menyambut baik pelaksanaan karya ini. Hal ini merupakan momentum bagi seluruh masyarakat, khususnya krama Banjar Abian Kapas Kelod untuk selalu eling. Sehingga sudah sepatutnya seluruh elemen masyarakat, utamanya krama banjar menjadikan ini sebuah momentum untuk menjaga keharmonisan antara parahyangan, palemahan, dan pawongan sebagai implementasi dari Tri Hita Karana. 

“Dengan pelaksanaan karya ini mari kita tingkatkan sradha bhakti kita sebagai upaya menjaga harmonisasi antara parahyangan, pawongan, dan palemahan sebagai implementasi Tri Hita Karana, dengan harapan dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, segilik, saguluk, salunglung sabayantaka sesuai dengan spirit Vasudhaiva Kutumbakam bahwa kita semua bersaudara,” ujar Jaya Negara. (surr)

 

Back to top button