GianyarPolitikTerkini

Jelang Pendaftaran, AHY Serahkan Rekomendasi ke Petahana ‘AMAN’

GIANYAR – Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yang awalnya mendukung Kakarsana-Tagel (KATA) di Pilkada Gianyar terancam buyar. Dalam hitungan hari menjelang pendaftaran, Partai Demokrat berbalik arah mendukung petahana yang diusung PDIP, I Made “Agus” Mahayastra-AA Gde Mayun (AMAN).

Sehari sebelumnya, Sekretaris DPC Partai Demokrat, Ida Bagus Gaga Adi Saputra memberi sinyal mengarahkan dukungan ke paket AMAN.

Surat rekomendasi diserahkan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudoyono alias AHY yang diterima bakal calon Wakil Bupati Gianyar, Anak Agung Mayun didampingi Ketua DPD Partai Demokrat Bali, I Made Mudarta dan DPC Demokrat Gianyar Tjokorda Anom Asmara Putra Sukawati di di Kantor DPP Partai Demokrat, Senin (26/8/2024).

Ketua DPC PDIP Perjuangan yang juga bakal calon Bupati Gianyar, I Made Mahayastra saat dikonfirmasi mengucapkan terima kasih karena Demokrat mengapresiasi kinerjanya pada jabatan periode pertama.

“Pertama tentu kita berterima kasih. Kerja keras pasangan AMAN bisa diapresiasi oleh partai Demokrat dengan bukti memberikan dukungan untuk keberlanjutan pembangunan Gianyar 5 tahun kedepan,” ujar Mahayastra.

“Ke depan dengan lebih banyak yang mendukung tentu kita lebih mudah lagi untuk lebih cepat menyelesaikan hal-hal yang lebih besar,” imbuhnya.

Terkait ketidak ikut sertaannya menerima rekomendasi tersebut, Mahayastra mengaku berbagi tugas dengan pasanganya.

“Saya berbagi tugas dengan calon wakil bupati. Saat ini, tiyang yang menyiapkan pendaftaran, tim pemenangan dan visi misi yang harus segera dikirim ke KPU,”ungkapnya.

Sementara, guncangan juga datang dari Golkar yang menjadi partai pemilik suara terbanyak di KIM Plus. Padahal, informasinya, utusan DPP Golkar Gianyar akan menyerahkan rekomendasi serentak di Bali, Senin (26/8).

Menariknya dalam rekomendasi itu, Golkar mendukung petahana di seluruh kabupaten/kota di Bali. Artinya, di Gianyar, Partai Golkar Gabung ke PDIP untuk mendukung Paket AMAN.

BACA JUGA:  Penuhi Keterbukaan Informasi Publik Berbasis Digital, Ini Dilakukan Pemdes Pejarakan

Ketua DPD II Golkar Era Sukadana menegaskan masih solid di KIM Plus. Bahkan, Kakarsana – Tagel Arjana saat ini masih dipanggil di DPD Golkar Provinsi Bali.

Era Sukadana pun membantah isu yang berkembang yang mengaitkan Golkar mendukung paket AMAN.

“Kita masih solid di KIM, Kandidat saat ini masih dipanggil ke DPD, tergantung nanti keputusan DPP pusat. Kami di DPD Gianyar tetap KIM. Jangan risau, tunggu putusan nanti sore, pasti kita sampaikan. DPD II Golkar tetap KIM,” tandasnya.

Hingga sore ini, rekomendasi dari Partai Golkar belum turun. Pembahasan masih alot.

“Sugawa Korry tadi pagi ke Jakarta, masih dibahas di Jakarta, ” ujar sumber internal DPD Golkar Provinsi Bali. Sementara dalam rekapan yang beredar rekomendasi untuk pilkada Gianyar adalah pasangan AMAN dari PDIP. (jay)

Back to top button