PolitikTabananTerkiniTerpopuler

Simulasi Sispamkota, Polres Tabanan Siap Amankan Pilkada Serentak

 

TABANAN- Polres Tabanan melakukan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam penanganan kerusuhan di Pilkada 2024, di Jalan Rama, depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta, Rabu (14/8/2024) sore.

Simulasi dengan skenario pelaksanaan tahapan Pilkada 2024 yang diwarnai dengan kerusuhan atau demonstrasi kelompok yang tidak puas dengan hasil pemilihan. Dalam simulasi itu, Polres Tabanan dengan seluruh jajarannya dibantu unsur TNI, keamanan desa dan desa adat, melakukan standar prosedur pelaksanaan pengamanan.

Standar tersebut meliputi upaya persuasif dan preemtif melalui imbauan dan ajakan untuk membubarkan demonstrasi. Puncaknya, polisi yang dibantu unsur TNI melakukan upaya represif dengan mengerahkan pasukan Dalmas untuk membubarkan massa yang melakukan upaya perlawanan. Melalui upaya represif tersebut pasukan Dalmas yang dikerahkan berusaha memukul mundur peserta demonstrasi hingga membubarkan diri.

BACA JUGA:  Penahanan Sukena "Penyelamat" Landak Jawa Ditangguhkan

Kapolres Tabanan, AKBP Chandra Citra Kesuma, menjelaskan simulasi tersebut digelar sebagai latihan sistem pengamanan kota atau sispamkota selama tahapan Pemilu 2024.

“Simulasi ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama berlangsungnya Pilkada 2024,” jelas AKBP Chandra CK usai simulasi.

Sesuai simulasi yang telah dilaksanakan, akan memberikan gambaran upaya pengamanan tahapan Pilkada akan melibatkan unsur TNI serta keamanan desa dan desa adat.

BACA JUGA:  Hampir Sebulan Dilantik, DPRD Buleleng Belum Punya Fraksi dan Pimpinan Difinitif

Selain melaksanakan simulasi, pihaknya juga terus mengkaji tempat-tempat yang masuk kategori rawan dan tidak rawan. Kajian ini juga untuk menentukan seberapa personil yang nantinya akan dikerahkan selama berlangsungnya tahapan Pilkada 2024, khususnya pada saat pencoblosan.

“Jumlah personil masih kami kaji. Yang jelas pengamanan dilakukan seluruh personil Polres Tabanan dan penguatan dari Polda Bali,” jelasnya.

Lewat simulasi itu juga, Chandra mengajak semua elemen masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya tahapan Pilkada 2024. Sehingga Pilkada 2024 nanti berjalan aman.

“Mari kita sama-sama menjaga keamanan agar pelaksanaan Pilkada berjalan lancar,” pungkasnya. (jon)

Back to top button