BudayaJembranaTerkini

Dokar di Jembrana Dihidupkan Sebagai Pendukung Pariwisata

Bupati Jembrana I Nengah Tamba menaiki dokar. Ia bakal menghidupkan kembali keberadaan dokar sebagai salah satu penunjang pariwisata

JEMBRANA– Alih teknologi menyebabkan keberadaan dokar sebagai transportasi tradisional terpinggirkan. Setelah beberapa dekade dokar ‘menepi’ kini dokar kembali mau dihidupkan.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba bakal memanfaatkan dokar sebagai salah satu penunjang pariwisata selain tetap berfungsi sebagai sarana transportasi lokal khususnya menempuh jarak pendek.

Bupati Tamba bakal menyiapkan dua tempat mangkal bagi para sopir dokar, agar mudah diakses warga.

BACA JUGA:  Penahanan Sukena "Penyelamat" Landak Jawa Ditangguhkan

Tempat mangkal yang disiapkan
di depan Puri Negara, dan di depan Pasar Umum Negara.

“Kedua tempat itu mempermudahkan sekaligus mendekatkan masyarakat yang beraktivitas di jantung Kota Negara dan Pasar Negara untuk memanfaatkan transportasi dokar,” kata Bupati Tamba, Rabu (7/8/2024).

Bupati Tamba mengatakan dokar memiliki nilai budaya yang tinggi dan berpotensi menjadi daya tarik wisata di Jembrana.

“Dokar yang kita miliki saat ini merupakan potensi untuk wisata di Kabupaten Jembrana. Mari kita lestarikan dokar yang ada dengan cara ikut menaiki dokar,” ajak politisi Partai Demokrat yang bakal turun kembali pada kontestasi Pilkada Jembrana 2024.

BACA JUGA:  Klungkung ‘Krisis’ Keuangan, Rapat Dilarang di Hotel dan Suguhkan Makanan

Ia juga mengajak masyarakat Jembrana untuk aktif mendukung program ini dengan memilih dokar sebagai alternatif transportasi saat beraktivitas atau berwisata di sekitar kota.

“Ayo masyarakat Jembrana, kalau mau jalan-jalan naik dokar, terminalnya ada di Puri Negara,” imbuhnya.

Langkah ini, diharapkan dapat meningkatkan daya tarik Jembrana sebagai destinasi wisata yang unik dan sekaligus melestarikan warisan budaya. (ara,yan)

Back to top button