Sport

Bali dan Timor Leste Kerja Sama Olahraga

 

DENPASAR – Baru-baru ini KONI Bali melakukan kerjasama peningkatan prestasi olahraga yang mencakup segalanya. Hal ini terkuak usai KONI Bali berkunjung ke CDTL atau KONI Timor Leste di negara itu baru-baru ini.

“Ya KONI Bali sudah datang ke sana dan melakukan kerjasama tersebut. Intinya soal peningkatan prestasi yang terkait olahraga. Pastinya banyak sekali seperti kejuaraan pelatihan pelatih, sport tourism dan semuanya. Kami sih oke-oke saja,” tutur Sekretaris Umum KONI Bali Nyoman Yamadhiputra di KONI Bali, Kamis (25/7/2024).

Dicontohkan kerjasama itu seperti Ketika pihak Timor Leste ingin mengikuti atau menggelar pelatihhan pelatih jika tidak bisa di negaranya bisa dilakukan di Bali, dengan komunikasi dan koordinasi terkait dengan biayanya.

BACA JUGA:  Alvian Optimis Sabet Medali PON 2024

“Semisal kalau Timor Leste ingin menggelar pelatihan pelatih untuk cabor dibawah CDTL di Bali maka akan menghubungi kami, termasuk kemungkinan jika kami harus menyiapkan transportasi atau akomodasi. Semuanya pasti akan dibicarakan dulu dan ketika sepakat maka gelaran tersebut bisa dilakukan,” tambah Yamadhiputra.

Mantan Binpres KONI Bali itu juga mencontohkan jika ada cabor dibawah CDTL yang berjumlah 35 cabor sekarang ini, jika perlu pelatih atau apapun yang juga termasuk di dalamnya sport science, maka KONI Bali mengirimkan pelatih.

“Contoh lainnya seperti cabor petanque di Timor Leste baru dibentuk dan pastinya meminta saran dan masukan terkait dengan pengembangannya karena Bali lebih dulu membentuk petanque,” terang Yamadhiputra.

BACA JUGA:  Cricket Putri Gagal Sabet Emas Tumbang dari Sumut

Kerjasama ini lanjutnya juga karena terkait misalnya kepentingan Bali dengan sport tourism jika ada kejuaraan internasional di Bali.

“Ini juga nantinya memudahkan Timor Leste untuk mengikuti kejuaraan atau mungkin terkait bantuan atau kemudahan transportasi atau akomodasi saat mengikuti kejuaraan di Bali,” tambahnya.

“Contohnya ketika KONI Badung menggelar sport tourism lalu dan kalau tidak salah mau mengikuti pertandingan cricket akhirnya tidak bisa karena belum tahu jalurnya kemana. Dan sekarang kan bisa kebutuhan informasi Timor Leste menghubungi KONI Bali dan bisa dilanjutkan ke KONI Badung,” demikian Yamadhiputra. (ari/jon)

Back to top button