DaerahKlungkungPolitikTerkini

Sony Andarawata Mulai Digadang-Gadang Jadi Kandidat Cawabup Klungkung

Sony Andarawata.foto/tangkapan layar

KLUNGKUNG – Nama Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Klungkung Gede Artison Andarawata atau yang akrab disapa Sony Andarawata ini mulai digadang-gadang sebagai kandidat calon wakil bupati Klungkung pada Pilkada 2024.

Sony bakal disandingkan dengan kandidat calon bupati, Tjokorda Gde Agung Sumara Wisesa, putra penglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Semaraputra. Pasangan Tjok Sumara Wisesa-Sony Andarawata didorong maju lewat kendaraan Koalisi Nawasena.

Koalisi Nawasena merupakan gabungan 6 parpol yakni Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Nasdem, PSI,Perindo dan Partai Demokrat. Rapat internal Koalisi Nawasena belum lama ini di salah satu tempat di wilayah Kabupaten Gianyar salah satu agendanya inventarisasi nama-nama yang berpeluang bakal diusung pada Pilkada Klungkung 2024.

Muncul sederet nama baik diposisikan sebagai kandidat bupati maupun kandidat wakil bupati. Untuk kandidat bupati, nama Tjokorda Gde Agung Sumara Wisesa diusulkan oleh lima parpol minus Perindo.

Sedangkan untuk kandidat wakil bupati, informasi yang didapat di kalangan Koalisi Nawasena, ada sederet nama yang muncul seperti Ketua DPD Partai Golkar Klungkung Luh Komang Ayu Ningrum,Ketua DPD Partai Nasdem Ketut Sukma Sucita, Ketut Kuasa (kader hanura) serta Ketua DPC Partai Demokrat Klungkung, Sony Andarawata.

BACA JUGA:   Panen Cabai hingga Ikan Nila, Pj. Gubernur Mahendra Jaya Apresiasi Upaya Penanggulangan Inflasi di Buleleng

Namun,nama-nama seperti Luh Komang Ayu Ningrum, Ketut Sukma Sucita masih satu dapil dengan Tjokorda Sumara Wisesa yakni sama-sama Dapil Klungkung. Dengan pertimbangan kewilayahan, maka mengerucut dua nama yakni Ketut Kuasa dan Sony Andrawata.

Kuasa merupakan kader Hanura yang mantan anggota DPRD Klungkung ini berasal dari Dapil Nusa Penida. Sedangkan Sony Andarawata, putra sulung dari seniman almarhum Nyoman Gunarsa berasal dari Dapil Banjarangkan. Dari dua nama ini, Sony Andarawata dinilai paling siap untuk diusung mendampingi Tjok Sumara Wisesa.

Ketua DPD Partai Nasdem Klungkung Ketut Sukma Sucita, menyatakan saat rapat inventarisasi nama kandidat, muncul banyak nama. Dari nama-nama itu nantinya akan diseleksi yang mana nantinya disetujui sebagai kandidat bupati dan kandidat wakil bupati.

“Kami kan cari hanya dua, untuk kandidat bupati dan kandidat wakil bupati. Selain kader dari parpol yang tergabung dalam Koalisi Nawasena ada juga nama dari partai lain. Nama Pak Sony juga muncul dan berpeluang bisa mendampingi pak Tjok (Sumara),” tandas Sukma Sucita, Senin (10/6/2024).

BACA JUGA:   Sutrawan Analogikan Hukum Bagai Lentera

Meskipun belum mengerucut bakal calon yang diusung Koalisi Nawasena pada pertarungan Pilkada 27 November mendatang, Sukma Sucita berharap Juli ini sudah ada pasangan kandidat bupati dan kandidat wakil bupati yang dilahirkan koalisi.

“Sehingga bisa diproses untuk sama-sama dimintakan rekomendasi ke DPP masing-masing,” kata Sukma Sucita.

Sony Andarawata dikonfirmasi menyatakan kesiapan dirinya maju sebagai kandidat wakil bupati mendampingi Tjok Sumara Wisesa. Meskipun pada Pemilu Februari lalu Sony tidak terpilih sebagai calon anggota DPRD Klungkung namun kata dia, jika Koalisi Nawasena sudah sepakat bakal mengusung dirinya, ia pun siap tarung saat Pilkada Klungkung.

“Yang tidak kalah penting pollingnya nanti seperti apa ? kalau hasilnya cukup bagus, saya siap maju mendampingi pak Tjok. Beliau itu (Tjok Sumara Wisesa) anak muda dengan pemikiran cukup maju membawa Klungkung lebih sejahtera. Saya suka dengan pemikiran-pemikiran beliau,” demikian Sony. (yan)

Back to top button