EkonomiGianyar

Harga Jajanan Berbahan Beras di Gianyar Merangkak Naik 

GIANYAR – Kenaikan harga beras berimbas kepada kelengkapan upacara seperti pangkonan, penek, hingga jajanan berbahan beras. Rata-rata harga naik seribu rupiah  untuk kemasan yang sebelumnya Rp3.000- Rp5.000.

Pantauan di Pasar Yadnya Blahbatuh yang menjadi sentra kelengkapan upacara,  Minggu (17/9/2023), hampir semua komoditi dari olahan  beras mengalami peningkatan harga sejak sepakan terakhir. Yang mencolok adalah penek, tumpeng atau pangkonan.

 “Kalau pangkon ini jenisnya banyak pak. Mulai tumpeng kecil, besar, kepelan, dan lainnya. Kemasannya yang dulunya tiga ribu hingga lima ribu kini naik lagi seribu,” ungkap pedagang  Pande Ketut Kerti.

BACA JUGA:   Panen Cabai hingga Ikan Nila, Pj. Gubernur Mahendra Jaya Apresiasi Upaya Penanggulangan Inflasi di Buleleng

Meski mengalami peningkatan, Ibu Pande mengaku tidak mempengaruhi  tingkat penjualannya. Terlebih, pasar Blahbatuh dikenal sebagai centra kelengkapan upacara dengan harga termurah.

 “Pengunjung ke Pasar Blahbatuh,  kebanyakan dari jauh. Mereka pastikan harga disini lebih murah. Mungkin saja di tempat lain, harga jajanan dan pangkon sudah naik duluan,” yakinnya.

Dari pengalamannya, setiap ada kenaikan harga  untuk setiap komoditi kelengkapan upacara, jarang turun lagi. Kalaupun harga beras nantinya diharapkan bisa turun lagi, komoditi upacara tidak akan  turun  dan justru memungkinkan naik lagi, karena faktor biaya produksi.

BACA JUGA:   Menparekraf Tantang Tabanan Bisa Masuk Unesco Creative Cities  Network

 “Mudah-mudahan tetap stabil di kanaikan seribu rupiah. Kasian juga pelanggan yang  dikejutkan dengan harga-harga baru,” harapnya.

Hingga kini harga beras masih berada dianggka cukup tinggi. Seperti lokal, Premium, harganya lebih tinggi dari harga harga eceran terendah (HET).

“Harga Beras harganya masih tinggi karena naiknya harga gabah dikarenakan  biaya oprasional naik sehingga berkurangnya pasokan,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gianyar. (jay)

Back to top button