DaerahKlungkungPendidikanTerkini

Warning Disdikpora Klungkung : MPLS Jangan Ada Perpeloncoan

Nyoman Sukadana

KLUNGKUNG – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Klungkung mewarning pihak sekolah,agar  materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) agar menghindari adanya praktek perpeloncoan, tidak ada bullying dan kegiatan berbau kekerasan.

Sebaliknya, pihak sekolah diminta mengisi kegiatan MPLS dengan kegiatan yang menyenangkan, kegiatan yang bertujuan membangun karakter siswa, membangun disiplin siswa. Kegiatan itu bisa dalam bentuk orientasi lingkungan sekolah, pengenalan kurikulum sekolah, peraturan sekolah, pengenalan guru dan staf.

Sekretaris Disdikpora Kabupaten Klungkung I Nyoman Sukadana mengatakan, jadwal pelaksanaan MPLS rencananya dilaksanakan secara serentak. Tetapi karena kesibukan agenda Kepala Dinas Pendidikan, jadwal pelaksanaan MPLS secara serentak akhirnya dibatalkan. Selanjutnya pelaksanaan MPLS diserahkan ke masing-masing sekolah.

BACA JUGA:  Inspektur Provinsi Bali Dorong Terus Berkembangnya Edukasi Anti Korupsi

Sukadana menyatakan, Disdikpora bakal bersurat terkait hal itu sekaligus mengingatkan agar pelaksanaan MPLS tidak ada perpeloncoan, tidak ada bullying, tidak ada tindakan kekerasan lainnya.Tetapi pihak sekolah diminta untuk mengisi kegiatan MPLS dengan hal-hal yang membuat siswa baru merasa nyaman. Kegiatan yang berorientasi membangun karakter siswa, membangun disiplin siswa.

“Saya sudah bicarakan dengan kasi kurikulum. Meskipun belum ada surat edaran terkait petunjuk teknis pelaksanaan MPLS, kami minta kegiatan MPLS lebih menekankan pada pembinaan karakter. Ini (pembinaan karakter) selalu kita tekankan setiap tahun,” tandas Sukadana, Kamis (11/7/2024).

BACA JUGA:  'Gila' Kelola Sampah, Komang Ani Sugiani Raih Anugrah Kalpataru 2024

Disdikpora akan melaksanakan pengawasan ketat pelaksanaan MPLS tahun 2024. Selain pengawasan dari Disdikpora, Sukadana mendorong pihak sekolah juga membentuk tim pengawas internal dengan melibatkan guru, peran komite sekolah dan perwakilan siswa.

Jumlah sekolah yang akan melaksanakan MPLS dan akan diawasi sesuai kewenangan Disdikpora Kabupaten Klungkung, jenjang sekolah menengah pertama (SMP) sebanyak 22 SMP.

Sekolah tersebut tersebar di empat kecamatan, Nusa Penida 10 SMP,Dawan, 3 SMP, Klungkung 4 SMP dan Kecamatan Banjarangkan 5 SMP. Jenjang sekolah dasar (SD) sebanyak 133 SD,tersebar di Kecamatan Klungkung 26 SD, Banjarangkan 31 SD, Dawan 23 SD, Nusa Penida 53 SD. (yan)

Back to top button