BulelengEkonomiSosialTerkini

Panen Cabai di Singaraja, Pangdam IX/Udayana Serukan Ketahanan Pangan Kolaboratif

BULELENG – Pangdam IX/Udayana Mayjen. TNI Bambang Trisnohadi bersama Danrem 163/Wirasatya Brigjen TNI Ida Bagus Ketut Surya Wedana, Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana dan Forkompinda Buleleng laksanakan panen cabai, terong dan ikan nila di Hutan Kota Singaraja.

Selain mengapresiasi pemanfaatan asset pemerintah sebagai langkah cerdas yang patut ditiru daerah lain, sinergitas kolaboratif Pemkab Buleleng bersama TNI/Polri menanam beberapa komoditas pangan penyumbang inflasi juga dapat menjadi teladan dalam penguatan ketahanan pangan.

“Upaya yang dilakukan melalui kolaborasi ini sangat inovatif dan dapat menjadi teladan bagi daerah lain. Saya sangat senang dan terkesan dengan upaya yang dilaksanakan Kodim 1609/Buleleng bersinergi dengan Pemkab dan Polres Buleleng mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif,” tandas Pangdam IX/Udayana Mayjen. TNI Bambang Trisnohadi usai panen cabai dan terong di Hutan Kota Singaraja, Rabu (10/7/2024).

BACA JUGA:  Perkara Narkoba di Klungkung Mendominasi Senpi Ilegal Digergaji

Tak hanya mengapresiasi pemanfaatan lahan tidur menjadi lahan produktif untuk ketahanan pangan, Pangdam Trisnohadi yang juga diagendakan menanam bibit shorgum di Desa Ringdikit Kecamatan Seririt dan panen Ikan Bandeng di Desa Patas Kecamatan Gerokgak juga menyatakan dukungan terhadap upaya penggalian potensi dan program inovatif yang ada di kabupaten.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pak Pj Bupati dan Dadim yang sudah berinovasi mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif, kita (TNI) selalu siap untuk menggali potensi yang ada diwilayah, kita juga siap mendukung program inovatif yang ada di kabupaten,” tandas Trisnohadi diapresiasi Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana.

Kepala BKPSDM Provinsi Bali yang dipercaya menjabat Pj. Bupati Buleleng hampir 2 tahun ini mengaku bersyukur karena upaya sinergis bersama TNI/Polri mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif sudah memiliki dampak terhadap kesejahteraan masyatakat.

BACA JUGA:  Badung dan Denpasar Jadi Pilot Projek Bali Green Election pada Pemilukada 2024

Ia juga mengapresiasi kedatangan Pangdam IX/Udayana sebagai sebuah kehormatan sekaligus juga motivasi bagi Pemkab Buleleng dalam mengembangkan kolaborasi bersama TNI/Polri dalam membangun Buleleng.

“Kedatangan Pangdam IX/Udayana ini sekaligus sebagai pendorong, motivasi bagi Buleleng dengan segala potensi, untuk bisa mewujudkan kemandiran pangan. Dan itu, semata-mata berkat kolaborasi dengan TN/Polri,” tegasnya.

Tak hanya dalam penguatan ketahanan pangan, sinergi Pemkab Buleleng bersama TNI/Polri, Forkompinda, BUMN, BUMD dan perusahaan swasta juga dilakukan dalam pengentasan kemiskinan.

“Contohnya, dengan memberikan bantuan bedah rumah dan bantuan subsidi upah (BSU), kemiskinan ekstrem pada tahun 2024 berhasil diturunkan hingga nol. Tentunya, kami terus memohon arahan bagaimana untuk membangun, mewujudkan stabilitas di Buleleng dan tidak pernah berhenti kami mengucapkan syukur dan terumakasih kepada jajaran TNI karena dimanapun TNI itu masuk disana keberhasilan itu terwujud,” pungkasnya. (kar/jon)

Back to top button