BadungPariwara

Sekda Adi Arnawa Buka Brewing Passion dan Kelas Barista

Pemkab Badung Berikan Dana Bantuan Rp30 Juta

Sekda Adi Arnawa membuka Brewing Passion dan Kelas Barista di Lotus Food Service, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Senin (8/7/2024).

BADUNG – Dalam upaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kelurahan Jimbaran agar mampu bersaing di tingkat lokal maupun internasional, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Jimbaran menggelar agenda Brewing Passion dan Kelas Barista di Lotus Food Service, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung pada 8-12 Juli 2024. Gelaran yang berlangsung selama lima hari itu dihadiri dan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) I Wayan Adi Arnawa dan akan dipandu langsung oleh Yande J Wirawan salah seorang pemenang Asean Top 5 Lead ABCT 2024 di Thailand.

Dalam kesempatan ini, Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan dari Kesra untuk kegiatan ini sebesar Rp 30 Juta yang diterima langsung oleh Ketua panitia Sekaligus Ketua LPM kelurahan Jimbaran I Made Dharmayasa dan disaksikan seluruh undangan dan peserta.

Ketua LPM Kelurahan Jimbaran, I Made Dharmayasa menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian dari bulan bakti gotong royong. Program ini adalah hasil kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Badung yang diajukan melalui Kelurahan Jimbaran dan didukung oleh beberapa sponsor dari wilayah Jimbaran.

“Ini adalah program pemberdayaan yang kami rencanakan akan dilaksanakan rutin ke depannya. Saat ini, terdapat empat kelas pelatihan, yaitu Coffee Knowledge, Sensory Practice, Barista Basic Knowledge Espresso, dan Milk Texturing Technique and Latte Art,” ujar Dharmayasa ditemui di lokasi acara, Senin (8/7/2024).

Pelatihan itu pun diikuti oleh 50 peserta yang merupakan warga Kelurahan Jimbaran dari 14 lingkungan banjar serta pelaku usaha UMKM yang bergerak di bidang industri kopi di wilayah Kelurahan Jimbaran. “Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas SDM Jimbaran agar mampu bersaing di tingkat lokal maupun internasional,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Badung, I Wayan Adi Arnawa memberikan apresiasi tinggi kepada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Jimbaran atas inisiatif mereka dalam menggelar kegiatan ‘Brewing Passion dan Kelas Barista’.

“Saya lihat ini sangat luar biasa dan saya terus terang memberikan apresiasi karena LPM sudah menginisiasi sekaligus memfasilitasi kegiatan untuk memberikan ruang kepada anak-anak muda di Jimbaran untuk menjadi entrepreneur muda, khususnya terkait dengan barista,” ujarnya.

Sekda Adi Arnawa menekankan pentingnya memanfaatkan potensi pasar yang besar di Badung, tidak hanya dari wisatawan, tetapi juga dari investor yang datang ke wilayah tersebut. Potensi ini harus terus digalakkan, terutama dalam menghadapi tantangan hilirisasi. Sekda Adi Arnawa berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahun dan dapat diperluas ke daerah lain, terutama di wilayah pariwisata.

“Saya atas nama pemerintah sangat mendukung kegiatan ini, mudah-mudahan bisa berlangsung terus, artinya bisa dilaksanakan setiap tahun dan juga kalau bisa tidak hanya di Jimbaran tetapi di tempat lain, terutama di daerah pariwisata,” katanya.

Dia juga mengapresiasi Yande J Wirawan, seorang anak muda dari Jimbaran yang telah meraih prestasi sebagai pemenang ASEAN Top 5 Lead ABCT 2024 di Thailand. Ke depan, Pemerintah Kabupaten Badung berencana untuk mendorong masyarakat menjadi lebih kreatif dan akan membangun hub-hub kreatif sebagai wadah bagi anak muda untuk menuangkan ide-ide mereka. Dia juga menekankan pentingnya memastikan bahwa seluruh proses produksi dilakukan di Badung.

“Dengan menyiapkan SDM ini akan berpengaruh dalam produksi, jadi petani kopi di utara atau sekitar Petang akan termotivasi menyiapkan produksinya. Kalau kita bicara hilirisasi, semua prosesnya kita buat di Badung, mulai dari produksi, SDM dari Badung semua, ekosistem ekonomi akan terbangun di Badung. Dampaknya tidak hanya ke masyarakat tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayahnya,” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, pada kesempatan tersebut hadir mendampingi Sekda Badung, Camat Kuta Selatan I Ketut Gede Arta, Lurah jimbaran I Wayan Kardiyasa, Bendesa Adat Desa Jimbaran I Gusti Made Rai Dirga, Direktur Lotus Food Services Henny Santoso, dan Marketing Communication Lotus Food Services Kristia Sigilipu. (adii)

 

Back to top button