BadungKesehatanPariwisataPendidikanTerkini

Mahasiswa Angkatan XV MIKM Unud Gelar Bakti Sosial Di Desa Tibubeneng

BADUNG – Mahasiswa angkatan XV Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (MIKM) Universitas Udayana menggelar pengabdian masyarakat dengan kegiatan bakti sosial di  Pantai Perancak, Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Senin (17/6/2024). Kegiatan diisi dengan bersih-bersih sampah di pantai, edukasi kesehatan serta pemeriksaan kesehatan terintegrasi.

Ketua Panitia drg. Anak Agung Gde Putra Mahendra  mengatakan , melalui kegiatan pengabdian masyarakat mahasiswa dan para pengajar, civitas  akademika dapat terlibat aktif dalam inisiatif  untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Dikatakan, kegiatan yang dipusatkan  di Wantilan Pura Dalem Perancak Desa Tibubeneng, mengusung tema: Harmonisasi Tri Hita Karana Pantai Berawa Menunjang Kesehatan Pariwisata.

Kegiatan ini diikuti  pengelola pantai, pedagang, balawista dan pengunjung yang sedang beraktivitas. Dalam acara ini turut dihadiri pula jajaran pengajar dan staf program studi MIKM.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak  yg telah membantu terselenggaranya kegiatan pengabmas, teman-teman angkatan XV, dosen dan staf prodi MIKM, desa adat Tibubeneng dan para peserta yang sudah menyukseskan acara kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat,” ucapnya.

BACA JUGA:  Pinjam Kredit di BPD Bali, Hanya Bayar Pokok, Bunga Ditanggung APBD

Kepala Program Studi MIKM  Dr. dr. Anak Agung Sawitri, MPH menyampaikan, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan kali ini sangat relevan dengan program unggulan prodi tentang kesehatan pariwisata. Mulai dari aspek kesehatan masyarakat melalui edukasi, pemeriksaan kesehatan dan pembagian kacamata gratis kerjasama dengan RS Ramata.

“Kegiatan ini sekaligus membuka wawasan perlunya bekerjasama dengan pemerintah desa Tibubeneng mengenai upaya pengembangan kesehatan setempat,” katanya.

Hal tersebut juga diamini  Dr. dr. Made Agus Hendrayana, S.Ked, M.Ked selaku pengajar mata kuliah Kesehatan Wisata. Dia menyampaikan, inti dari kesehatan pariwisata ada tiga poin, yaitu wisatawan yang sehat, orang sekitar tempat wisata yang sehat dan juga lingkungan yang sehat. Hal tersebut tercermin pada rangkaian tiga kegiatan acara pengabdian masyarakat.

BACA JUGA:  Pelaku Jualan Online, Kanwil Kemenkumham Buka-bukaan Soal Penangkapan 10 WNA Tiongkok di Kuta Selatan
Penyerahan tong sampah kepada Desa Adat Tibubeneng oleh Mahasiswa Prodi MIKM Unud

Kegiatan ini juga mendapat support penuh dan apresiasi dari Sekretaris Desa Tibubeneng I Wayan Adiputra, SE. Dia berharap kegiatan serupa harus terus dilaksanakan dan bahkan tidak berhenti sampai disini.

“Harapannya dapat terjalin kerjasama antara Prodi MIKM Unud dengan desa Tibubeneng dalam mengembangkan penerapan kesehatan pariwisata,” ucapnya.

Kegiatan   pengabdian masyarakat mahasiswa MIKM  diawali dengan acara bersih-bersih area pantai pada pukul 07.00 Wita. Dilanjutkan dengan edukasi kesehatan dengan topik Pencegahan Rabies oleh Mahasiswa MIKM Wayan Darsana, Pemeriksaan kesehatan mata dan pembagian kacamata gratis dari RS Ramata. pada kesempatan tersebut juga diserahkan tong sampah kepada perwakilan Desa Tibubeneng. (jon)

Back to top button