DenpasarEkonomi

PLN Fasilitasi Lomba Masak Serba Ikan dengan Kompor Induksi

Koki Ida Bagus Gede Desimarta, Wakil Ketua Bidang Pelestarian Kuliner Tradisional dari Asosiasi Chef Indonesia yang melakukan demo masak dalam mengolah ikan tuna menggunakan kompor induksi.

DENPASAR – PT PLN (Persero) mengajak tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Bali untuk memasak menggunakan kompor ramah lingkungan pada kegiatan lomba masak serba ikan, Senin (10/6/2024).

Lomba yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bali ini didukung PLN melalui penyediaan fasilitas kompor induksi yang digunakan oleh ke – 8 tim selama kegiatan yang berlangsung di Hotel The Meru, Sanur tersebut.

Pelaksana Harian (Plh.) General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali, Edyansyah mengatakan dukungan PLN merupakan upaya untuk terus mengkampanyekan program transisi energi melalui penggunaan energi hijau salah satunya dengan kompor induksi.

“Kegiatan ini menjadi salah satu langkah nyata untuk terus memperkenalkan kompor ramah lingkungan dengan tujuan untuk mengurangi emisi karbon demi mencapai Net Zero Emission (NZE) 2060,” terang Edyansyah, Selasa (11/6/2024).

Edyansyah menilai lomba memasak ini dapat dijadikan ajang untuk terus memperkenalkan kemudahan dan efisiensi memasak menggunakan kompor induksi. “Penggunaan kompor induksi sebetulnya sudah dibuktikan efisiensinya, kemudahannya serta keamanannya, sehingga kami akan terus memperkenalkannya agar masyarakat semakin familiar,” imbuhnya.

Apalagi, menurutnya saat ini jenis peralatan memasak menggunakan listrik semakin beragam bentuk, fitur serta harganya, sehingga masyarakat saat ini memiliki banyak pilihan produk untuk meningkatkan pengalaman memasaknya. 

Kepala DKP Provinsi Bali, I Putu Sumardiana menyampaikan kegiatan lomba yang telah dilakukan setiap tahunnya ini dimaksudkan untuk menggaungkan kampanye makan ikan di Bali.Ia mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kegemaran masyarakat dalam mengkonsumsi ikan. 

Pada perlombaan ini turut hadir Ketua Umum PKK Pusat, Tri Suswati Tito Karnavian yang turun langsung mengecek proses memasak masing-masing tim dari masing-masing Kabupaten/ Kota se- Bali itu. Ia pun terlibat perbincangan dengan beberapa peserta yang tengah menyiapkan berbagai menu kudapan, menu keluarga hingga menu balita yang dipersyaratkan dalam ajang lomba tersebut. 

Selain itu, turut dihadirkan pula Koki Ida Bagus Gede Desimarta, Wakil Ketua Bidang Pelestarian Kuliner Tradisional dari Asosiasi Chef Indonesia yang melakukan demo masak dalam mengolah ikan tuna menggunakan kompor induksi.(sur)

Back to top button