Umum

Vihara Dharmayana Kuta Bersiap Sambut Imlek 2575

Persiapan menyambut Tahun Baru Imlek 2575 di Vihara Dharmayana Kuta.
Persiapan menyambut Tahun Baru Imlek 2575 di Vihara Dharmayana Kuta.

BADUNG – Aktivitas persiapan menyambut Tahun Baru Imlek 2575 telah dilakukan di Vihara Dharmayana Kuta. Selain bersih-bersih, juga dilaksanakan pemasangan berbagai pernak-pernik Imlek seperti lampion, lilin, dan lain sebagainya.

Penanggung Jawab Vihara Dharmayana Kuta, Adi Dharmaja Kusuma mengungkapkan, secara tradisi Tionghoa, persiapan menyambut Imlek memang sudah mulai dilaksanakan sejak sepekan sebelum sincia (Tahun Baru Imlek). “Saat ini diyakini bahwa dewa dewi menuju ke langit untuk menyampaikan apa yang sudah terjadi di tahun Imlek 2574,” ucapnya Sabtu (3/2/2024), mengenai kegiatan yang didahului persembahyangan tersebut.

Selain pembersihan area Vihara, juga dilakukan penyucian terhadap altar rupang arca dengan menggunakan air kembang. Ada ratusan krama Banjar Dharma Semadi Kuta yang dilibatkan, termasuk ibu-ibu PKK dan para pemuda. “Setelah kami bersihkan dengan air sumur di sini, kami sucikan dengan air kembang. Itu mencirikan bahwa kami sangat memuliakan Beliau sebagai dewa dewi,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Kesbangpol Buleleng Antarkan 1 Capaskibrakanas dan 9 Capaskribraka Bali

Di samping itu, pernak-pernik Imlek juga mulai dipasang. Total ada 300 lampion yang kabarnya akan meramaikan keberadaan Vihara Dharmayana dalam menyambut Imlek 2575. Ditambah lagi sejumlah lilin besar khas Tionghoa, yang akan dinyalakan pada 11 Februari 2024 pukul 00.00 Wita mendatang.

Sebagai rangkaian Imlek, pada 9 Februari 2024 katanya akan dilaksanakan tradisi Kirab. Yakni persembahyangan ritual tradisi Tionghoa di masing-masing persimpangan sekitar Vihara, dengan diiringi Liong dan Barongsai. “Ini bermakna menetralisir hal-hal negatif, sehingga penyambutan Tahun Baru Imlek 2575  dapat kita lalui dengan penuh sukacita,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya pula, Imlek dengan shio Naga Kayu tahun ini, dimaknai sebagai kewibawaan, kekuasaan, pengayoman, yang diharapkan memberikan berkat berupa kemakmuran, keamanan, dan kenyamanan bagi masyarakat. Apalagi tahun ini Indonesia menyelenggarakan pesta rakyat, yang diharapkan dapat berlangsung dengan baik dan lancar serta penuh sukacita. (adi,dha)

Back to top button