DaerahKlungkungPolitikTerkini

KPU Klungkung Berharap Ombak Tenang Saat Pengiriman Logistik Pemilu

KLUNGKUNG – Kondisi cuaca menjadi salah satu penentu berjalannya pelaksanaan Pemilu 2024 di Kecamatan Nusa Penida. Sebab, pendistribusian logistik Pemilu ke pulau terluar yang dimiliki Kabupaten Klungkung itu harus menyeberangi lautan.

Karena itu, pengiriman logistik Pemilu 2024 ke Kecamatan Nusa Penida, dipersiapkan dengan matang serta mitigasi yang baik. KPU Kabupaten Klungkung berharap situasi ombak tenang sehingga dapat memperlancar distribusi.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Klungkung Gusti Lanang Mega Saskara, saat pendistribusian logistik pada Bulan Februari umumnya sudah mulai memasuki musim hujan dan cenderung terjadi ombak pasang.

Baca juga : Siswa SD di Kabupaten Klungkung Belajar di Bale Banjar Hingga Tahun 2024

Mega Saskara dikonfirmasi, Rabu (27/12/2023) menyatakan pihaknya harus menyiapkan dengan matang bagaimana proses pengadaan, mempercepat pengelolaan dan memitigasi hambatan yang terjadi pada saat pengiriman logistik terutama ke kepulauan seperti Pulau Nusa Penida, Ceningan dan Lembongan.

Kata Mega Saskara, pendistribusian logistik ke Nusa Penida diskemakan sedemikian rupa. Untuk pendistribusian ke Pulau Nusa Penida akan menggunakan Kapal Nusa Jaya Abadi melalui Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem.

Sedangkan pendistribusian ke Pulau Ceningan dan Pulau Lembongan menggunakan boat cepat melalui pelabuhan tradisional Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung.

“Kami rencanakan pendistribusian ke Nusa Penida, kalau dapat boat jadwal pagi akan dikirim H-2. Tapi kalau jadwalnya dapat sore hari akan dikirim pada H-1,” tandas Mega Saskara, Rabu (27/12).   

Logistik itu lanjut Mega saskara akan ditempatkan di kantor desa terlebih dahulu, pagi hari sebelum pemungutan suara semua logistik akan di drop ke semua tempat pemungutan suara (TPS).

Sesampai di Nusa Penida, pengiriman logistik ke masing-masing desa akan dibagi menjadi empat jalur. Adapun jalur dimaksud,   jalur timur meliputi Desa Batununggul, Suana, Pejukutan, Sekartaji, dan Tanglad.

BACA JUGA:   Ketua Kwarda Bali Ajak Pramuka menjadi Agent Perubahan dalam Pengelolaan Sampah

Kemudian jalur tengah meliputi Desa Kutampi Bawah, Kutampi Atas, Klumpu, Batukandik. Selanjutnya jalur barat meliputi Desa Ped, Toyapakeh, Sakti, dan Bunga Mekar, Batumadeg. Serta jalur empat meliputi Desa Lembongan dan Jungut Batu.

Logistik Pemilu 2024 yang akan di drop ke Nusa Penida diantaranya bilik suara,  segel plastik, tinta, segel, alat kelengkapan TPS paket satu terdiri dari paku,bantalan plastik dan karet.

Salah seorang komisioner Bawaslu Provinsi Bali Nyoman Gede Putra Wiratma menyatakan dari hasil koordinasi dirinya dengan pihak KPU Klungkung, pendistribusian logistik ke Nusa Penida akan dilakukan dar dua titik yakni lewat Pelabuhan Padangbai menggunakan Kapal Nusa Jaya Abadi dan lewat Kusamba menggunakan boat cepat.

“Saya kira tidak ada masalah soal pengiriman logistik (ke Nusa Penida),” ujarnya Senin (25/12/2023). (yan)

Back to top button