BulelengHukumPolitikTerkini

Menuju Pemilu Damai 2024, Polres Buleleng Tingkatkan Patroli Dunia Maya

BULELENG – Berbagai upaya menuju Pemilu Damai tahun 2024, dilakukan Satgas Ops Mantap Brata Agung tahun 2023-2024 Polres Buleleng.

Tak hanya operasi simpatik menyasar objek vital dan tempat keramaian, Satgas Ops MBA Polres Buleleng melibatkan Tim Cyber Troops juga meningkatkan patroli dunia maya, pengawasan informasi yang beredar di media sosial.

“Peningkatan pengawasan di media sosial dilakukan untuk mengantisipasi beredarnya informasi tidak benar atau hoax yang dapat meningkatkan eskalasi ketegangan sosial di masyarakat,” tandas Kasi Humas Polres Buleleng AKP I Gede Dharma Diatmika usai mengikuti rapat Ops Mantap Brata Agung tahun 2023-2024 di Mapolres Buleleng, Selasa (14/11/2023).

Mantan Kanit Reskrim Polsek Kota Singaraja ini menegaskan selain memantau pergerakan buzzer patroli dunia maya oleh Tim Cyber Troops juga menyasar pemanfaatan media sosial untuk kampanye dari masing-masing pendukung pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden maupun parpol dan caleg.

“Untuk kegiatan Cyber Patrol mulai ditingkatkan menjelang tahap Kampanye jadi tidak hanya pengawasan hoax saja. Buzzer, isu yang dimainkan, ujaran kebencian hingga radikalisme dan intolerasnsi, jangan sampai mengarah ke perpecahan bangsa”, terangnya.

Dari patroli yang dilakukan, Tim Cyber Troops sudah mengantongi data beberapa akun dan Group FB/Whatsapp di Buleleng yang cukup aktif dalam melemparkan isu politik.

Namun dari hasil kajian, kata Dharma, konten yang diunggah masih dalam tahap wajar dan belum mengarah pada gerakan kelompok terorisme dan radikalisme yang memanfaatkan pemilu dan isu perang Hamas-Israel untuk membuat kekacauan/inkondusivitas.

BACA JUGA:   Pj. Gubernur Dukung Southeast Asia Open Water Swimming Championship 2024 Digelar di Bali

“Untuk isu yang lagi naik seperti yang kita ketahui bersama masih di seputaran perang Hamas-Israel, sebagai catatan dalam kurun waktu 1 bulan Oktober saja Densus 88 telah menangkap 59 terduga teroris dengan barang bukti berupa senjata api dan komponen bahan peledak. Sesuai arahan Bapak Kapolri kami melaksanakan deteksi dini serta edukasi kepada masyarakat”, tandas Dharma yang juga mengajak awak media turut mengawal demokrasi dan harkamtibmas menuju Pemilu Damai 2024.(kar/jon)

Back to top button