BadungLingkunganPariwisataTerkini

PUPR Berdayakan 78 Warga Jadi TRC Pembersihan Pantai Samigita

KUTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memberdayakan 78 warga setempat sebagai Tim Reaksi Cepat (TRC) Pembersihan Pantai Samigita (Seminyak, Legian, Kuta). Tugas mereka mulai dari membersihkan walkway hingga toilet.

Kepala Bidang Sumber Daya Air, AA Rama Putra yang kemudian dikonfirmasi, tidak menampik hal tersebut. Bahkan kata dia, langkah pembekalan telah dilakukan belum lama ini.

BACA JUGA:   Diskop UKM Badung Gelar "Badung UMKM Week 2024 Batch I"

“Sekarang masih penjajakan pembentukan itu. Kami juga telah memberikan pengarahan terkait SOP-nya,” ungkapnya menuturkan pemberdayaan yang mendapat sambutan antusias dari pihak desa adat tersebut.

Ada beberapa hal yang katanya menjadi tugas dan fungsi petugas TRC bersangkutan. Di antaranya yakni memastikan kebersihan walkway, toilet, dan bangunan-bangunan lain yang merupakan aset Pemkab Badung.

“Misalnya, satu orang itu tugasnya menyapu 350 meter walkway. Selain itu ada juga yang membersihkan toilet, dan lain sebagainya” ungkapnya.

BACA JUGA:   Kejati Bali Gelar Pecerahan Hukum Kepada Perbekel dan Bendesa Adat di Buleleng

Dia berharap, para petugas tersebut ke depannya dapat melaksanakan tugas dengan baik. Karena sangat disadari, kebersihan adalah satu modal utama dari sebuah destinasi tujuan wisata. Terlebih di Pantai Samigita, yang namanya sudah dikenal masyarakat dunia.

“Jangan sampai karena kotor, kemudian destinasi kita ditinggalkan oleh wisatawan,” pungkasnya. (adi/jon)

Back to top button