31 Mahasiswa Prodi Seni Murni ISI Denpasar Gelar Pameran di LV8 Resort Hotel Canggu

0
460
Karya 31 mahasiswa Prodi Seni Murni di tampilkan di LV8 Resort & Hotel Canggu, Kamis (20/1/2022).
Karya 31 mahasiswa Prodi Seni Murni di tampilkan di LV8 Resort & Hotel Canggu, Kamis (20/1/2022).

BADUNG – 31 mahasiswa Program Studi Seni Murni, FSRD Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menggelar pameran bersama di LV8 Resort Hotel Canggu. Mungkin beda dari biasanya, karya seni yang ditampilkan merupakan hasil program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di 8 Mitra dengan pilihan program pembelajaran, seperti magang, studi/projek independen, dan wirausaha.

Pameran dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni ISI Denpasar Dr. Drs. Anak Agung Gede Rai Remawa, M.Sn, mewaliki Rektor ISI Denpasar, Kamis (20/1/2022).

Atraktif dan tawarkan beragam makna. Beberapa karya seni rupa berupa patung, lukisan di baju dan seni instalasi menyulap lobby hotel menjadi lebih indah.

Puluhan karya seni lukis dengan berbagai ukuran mengiasi setiap dinding menuju kamar hotel, restaurant hingga di dinding menuju area pantai. Setiap langkah akan dipenuhi dengan kisah yang lahir dari karya seni itu. Warna dan aliarannya juga beragam sehingga pameran ini pantas untuk dikunjungi.

Wakil Rektor Rai Remawa mengatakan, saat ini kreativitas dan inovasi menjadi kata kunci penting untuk memastikan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan. Kebijakan MBKM yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman. Permendikbud No 3 Tahun 2020 memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya.

“Melalui program ini, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya,” ucapnya.

Head Community Relations LV8 Resort Made Merta Widana mengatakan, program tersebut merupakan implementasi LV8 Resort Hotel Canggu mendukung dan berpartisipasi dalam pemajuan kebudayaan yang meliputi adat, tradisi, seni, dan budaya Bali sebagai salah satu motor pengerak ekonomi kerakyatan, dalam kerangka meningkatkan kesejahteraan para seniman serta masyarakat secara luas.

“LV8 Resort Hotel Canggu senantiasa memberi kesempatan kepada mahasiswa seni dan para seniman untuk memanfaatkan fasilitas ruangan yang tersedia sebagai ajang kreativitas untuk menampilkan pencapaian kreatif dan karya terbaik kepada khalayak luas,” kata Made Merta Widana.

Sementara, Kordinator Prodi Seni Murni Dr. I Wayan Setem, M. Sn mengatakan, mahasiswa yang menggelar pameran ini telah melaksanakan program MBKM secara menyeluruh di semua Program Studi. Khusus untuk Program Studi Seni Murni program MBKM diikuti oleh 31 mahasiswa di 8 Mitra, yaitu Studio Nyoman Erawan (Sukawati, Gianyar) diikuti lima mahasiswa, studio Made Budiana (Denpasar) tiga mahasiswa, Studio Ketut Budiana (Ubud, Gianyar) tiga mahasiswa, Studio Putra Yasa (Kerobokan, Badung) lima mahasiswa, Sanggar Sri Wedari (Klungkung) dua mahasiswa, Museum Rudana (Ubud, Gianyar) empat mahasiswa, Sahaja Sahati (Denpasar) empat mahasiswa, Agung Collection (Denpasar) empat mahasiswa.

I Wayan Setem menambahkan, dalam kaitan penetapan mutu MBKM dituntut beberapa poin penting, salah satunya yakni mutu pelaporan dan presentasi hasil yang merupakan kemampuan untuk mendisiminasikan kepada masyarakat luas. Terkait hal tersebu Prodi Seni Murni, FSRD ISI Denpasar bekerja sama dengan LV8 Resort Hotel Canggu memfasilitasi pameran hasil-hasil pembelajaran MBKM secara terpusat.

“Pameran ini akan berlangsung sesuai dengan kesepakatan mahasiswa untuk mengakhirinya, kebetulan pihak hotel mendukung, sehingga diberikan ruang berpameran lebih panjang,” ungkap pria ini senang. (sur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − twelve =