Putusan PN Gianyar Lewat Sibadai, Permudah Akses Data Pemohon SKCK hingga Akta Cerai

0
177
Penadatanganan MoU saat peluncuran aplikasi Sibadai oleh PN Gianyar.
Penadatanganan MoU saat peluncuran aplikasi Sibadai oleh PN Gianyar.

GIANYAR – Guna mempercepat pelayanan di masa pandemi Covid-19, Pengadilan Negeri (PN) Gianyar meluncurkan aplikasi Sistem Bank Data Terintegrasi (Sibadai), Jumat (3/12/2021).

Acara dirangkai penandatanganan MoU oleh Ketua PN Gianyar Sonny Alfian Blegoer Laoemoery bersama Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Gianyar Cokorda Agusnawa dan Kabag Ops Polres Gianyar Kompol Wayan Latra.

MenurutĀ  Sonny Alfian Blegoer Laoemoery, aplikasi SibadaiĀ  dapat mempermudah Disdukcapil maupun Polres Gianyar mengetahui data putusan pengadilan.

“Seperti perceraian. Sebelum ada aplikasi, Disdukcapil harus memverifikasi terlebih dahulu ke PN untuk penerbitan akta perceraian. Sekarang cukup buka aplikasi sehingga dapat mempercepat penerbitan akta,”ujar Sonny Alfian Blegoer Laoemoery.

Aplikasi juga memuat putusan perkara pidana termasuk SKCK. “Kepolisian bisa menggunakan basis data dari aplikasi Sibada ini untuk mengetahui seseorang yang ingin mengajukan SKCK apakah pernah atau tidaknya tersangkut tindak pidana. Jadi, semua tersinkronisasi,”ungkapnya sembari menyebut data yang terinput di aplikasi dari tahun 2012. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four + 11 =