Hanya Hanura dan PDIP Memberi Catatan ke Bupati Suwirta, Sepakat Sahkan Dua Ranperda Menjadi Perda

0
389
Sidang Paripurna Dewan Klungkung dengan agenda pengesahan dua Ranperda menjadi Perda

KLUNGKUNG- Lima fraksi di DPRD Klungkung sepakat terhadap pengesahan dua rancangan peraturan daerah (Ranperda) menjadi peraturan daerah (Perda), dalam sidang paripurna yang berlangsung Senin (22/11/2021).

Pengesahan dua Ranperda, Ranperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 13 Tahun 2021 tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir dan Ranperda tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung, berjalan mulus. Sebab, dari lima fraksi minim catatan. Hanya dua fraksi, Fraksi PDIP dan Fraksi Hanura yang memberikan catatan.  

Fraksi PDIP melalui juru bicaranya Nengah Ary Priadnya memberikan catatan, dalam rangka menciptakan Klungkung tertib perizinan, diharapkan tim yustisi dan penyidik Sat Pol PP mengefektifkan yustisi agar tidak terjadi keterlambatan eksekusi terhadap pelanggar pelaku pembangunan Gedung.

Dalam rangka memenuhi target retribusi parkir dan menyumbat kebocoran – kebocoran parkir diharapkan petugas dari Dispenda, datang dua kali dalam sehari, ke seluruh titik parkir untuk melakukan penarikan dan penghitungan.

Sedangkan Fraksi Hanura melalui juru bicaranya Luh Andriani memberikan catatan berupa,  potensi retribusi yang belum digarap  ada pada  bangunan gedung yang belum memiliki  ijin  mendirikan bangunan yang terdapat disepanjang Pantai Nusa Penida, Lembongan dan Ceningan.

“Saran kami  agar eksekutif memberikan solusi. Pengalaman membuktikan bahwa banyak  investor  membangun  dulu  baru mengurus ijin. Hal ini  tidak menutup kemungkinan  akan terjadi  saat  diberlakukan Peraturan Daerah  Tentang  Retribusi Bangunan Gedung,” tandas Luh Andriani di depan sidang dewan.

Untuk mencegah kejadian  seperti itu  agar tidak terulang, Fraksi Partai Hanura  minta kepada  Bupati  agar  memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penegak perda untuk  memenuhi target  patroli dan target  operasi penegakan perda.

Sementara sambutan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas perhatian dan ketekunannya dalam memberikan saran, koreksi serta masukan dalam penyempurnaan terhadap dua Ranperda tersebut.

“Sehingga kita akan memiliki payung hukum yang baru dalam penyelenggaraan pemungutan retribusi tempat khusus parkir dan pemungutan retribusi persetujuan bangunan gedung,” demikian sambutan Bupati Suwirta. (yann)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen − fifteen =