Serapan APBD 50 Persen Lebih, Bupati Tamba Minta OPD Jangan Lengah

0
145
Bupati I Nengah Tamba saat memimpin rapat pemantapan APBD Perubahan

JEMBRANA- Hingga bulan Oktober, serapan anggaran APBD Induk di Kabupaten Jembrana mencapai 67 persen. Sementara untuk serapan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) rata-rata di atas 50 persen. Capaian tersebut mendapat apresiasi pemerintah pusat.

Meski demikian, semua  OPD jangan lengah serta tetap menggenjot penyerapan anggaran hingga seluruh  kegiatan dapat  berjalan maksimal sampai batas waktunya.  Demikian penegasan Bupati Jembrana I Nengah Tamba disela-sela  memimpin desk pemantapan APBD Perubahan, di Gedung Kesenian Ir Soekarno, Senin 18 Oktober 2021.

“Meski serapan kita sekarang tertinggi sekabupaten/kota di Bali, Kita tidak berpuas sampai disitu saja. Masih ada sisa lagi 37 persen. Hal ini  bisa lebih digenjot, lagi termasuk APBD Perubahan bisa selesai pada 15 Desember nanti,” tegasnya

Disinggung mengenai evaluasi anggaran dimasing-masing OPD. Salah satu yang menyedot anggaran besar dibidang Pendidikan dan Kesehatan. Menurutnya ada evaluasi yang harus  dilakukan terkait beasiswa mahasiswa berprestasi dan operasional puskesmas.

“Di sektor pendidikan, Saya akan mengevaluasi penyaluran beasiswa mahasiswa berprestasi. Saya menginginkan agar persyaratan lebih diutamakan bagi mahasiswa dari keluarga miskin. Jangan rata seperti saat ini, asalkan mahasiswa berprestasi dipatok dari nilai saja,” tegasnya

Demikian pula di Puskesmas, akan evaluasi lagi mengenai adanya dua shift, yakni pagi dan sore.

“Saya minta evaluasi apakah efektif memberikan pelayanan, karena ada pembengkakan anggaran disana,” tandasnya.

Mengenai Pendapatan Asli Daerah (PAD), menurutnya sudah cukup bagus.Dimana telah mencapai 70 persen dari target yang ditentukan. Namun hal itu , masih perlu pula evaluasi.Melalui rapat desk antar-OPD ini,diharapkan bisa menggenjot seluruh komponen untuk lebih cepat dan sesuai program.

“Melalui desk ini untuk lebih semangat dan memacu seluruh OPD bisa melaksanakan tugas lebih bagus lagi,” pungkasnya (ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − 13 =