Denpasar Siapkan 9 Hotel Karantina, Penjemput Wisatawan Wajib Pakai APD

0
248
Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani.
Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani.

DENPASAR – Dinas Pariwisata Kota Denpasar menyiapkan sembilan hotel di kawasan Sanur sebagai tempat karantina bagi wisatawan mancanegara yang baru tiba di Bali.

Dari jumlah itu, tujuh hotel sudah memenuhi ketentuan penanganan wisatawan mancanegara, yaitu Maya Sanur Resort & SPA, Hyatt Regency, Griya Santrian, Taksu Sanur Hotel, Tandjung Sari, Prime Plaza Suites Sanur, dan Swis-Belresort Watu Jimbar. Sedangkan dua lagi, Maison Aurelia dan Sudamala Hotel masih dalam proses.

“ Hotel karantina ini harus memiliki standar CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) dan terdaftar pada PHRI,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani, Senin 11 Oktober 2021.

Dezire Mulyani menyebutkan, berdasarkan buku panduan penanganan wisatawan internasional yang dikeluarkan Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, hotel yang menjadi tempat karantina wajib dilengkapi thermo gun dan scan QR Code aplikasi PeduliLindungi beserta petugas jaga.

Selain itu, pihak hotel harus menyediakan tempat khusus untuk kendaraan yang membawa tamu dari Bandara Ngurah Rai supaya bisa disterilkan sebelum diberangkatkan kembali melakukan penjemputan. “Di buku panduan itu juga mewajibkan petugas yang melakukan penjemputan mengenakan APD (alat pelindung diri) lengkap termasuk sarung tangan medis,”ungkapnya.

Tidak hanya yang bertugas melakukan penjemputan, di hotel juga ada petugas khusus penerima tamu yang mengantar ke kamar dan diharuskan memakai APD lengkap.

“Seharusnya tidak perlu (pakai APD) karena wisatawan yang masuk sudah tes PCR. Khawatirnya malah muncul kesan berbeda. Tetapi, kami belum mengetahui detailnya seperti apa karena kedatangan wisatawan asing sepenuhnya diatur oleh Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi,” tandasnya. (sur,dum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one + 10 =