Harga Kebutuhan Pokok di Gianyar Meroket

0
177
Pedagang kebutuhan pokok di Gianyar.
Salah seorang pedagang kebutuhan pokok di Gianyar.

GIANYAR – Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Gianyar merangkak naik. Pedagang makin kelimpungan karena sepinya pembeli di masa PPKM Darurat Covid-19.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar merilis kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga yaitu daging sapi dari Rp 80 ribu menjadi Rp 100 ribu per kilogram. Disusul daging babi Rp 55 ribu ke Rp 90 ribu per kilogram dan kikil babi Rp 40 ribu.

Tak hanya daging, cabai merah di pasaran ikut naik dari Rp 15 ribu menjadi Rp 60 ribu. “Kenaikan ini melebihi harga eceran tertinggi (HET),” ujar Kadisperindag Gianyar Ni Luh Gede Eka Suary, Kamis 15 Juli 2021.

Eka Suary juga menyebut harga beras naik, tapi tidak signifikan. “Harga beras ditentukan oleh pusat dan sejauh ini kenaikan harga masih dalam toleransi HET,” ungkapnya sembari memekirakan kenaikan harga takkan lama karena menjelang panen di beberapa wilayah.

Terkait daya beli masyarakat, diakui Suary cukup rendah sebagai dampak PPKM Darurat. “Kita semua berharap pandemi segara berakhir dan perekomonian masyarakat bisa pulih kembali,”harapnya. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here