DenpasarHukum

Eks Kasir Gereja GPIB Maranatha Ditetapkan Tersangka

DENPASAR – Penyidik Direktorat Reskrimum Polda Bali menetapkan mantan kasir Gereja GPIB Maranatha, Unun Hardinansi Neno sebagai tersangka dugaan kasus penggelapan uang milik gereja Rp 289.270.285.

Kasusnya bermula dari laporan pihak gereja ke Direktorat Reskrimum Polda Bali pada 16 Desember 2019 tentang dugaan tindak pidana penggelapan dengan pemberatan dalam jabatan dilakukan oleh orang yang penguasaannya terhadap barang karena ada hubungan kerja atau pencurian atau karena mendapatkan upah terhadap uang milik gereja GPIB Maranatha denpasar di Jalan Surapati no 11 denpasar. Hal itu sebagaimana dimasud pasal 374 KUHP Jo Pasal 372 KUHP yang diduga dilakukan oleh tersangka.

Berdasarkan surat Ditreskrimum Polda Bali Nomor : S. Tap/84/V/2021/Ditreskrimum tanggal 21 Mei 2021, Neno akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

BACA JUGA:   Sekda Dewa Indra Minta Dukungan ASN Jaga Netralitas Pemilu

Dikonfirmasi terkait hal itu, penyidik Kompol IGN Suta Astawa mengatakan, pemeriksaan terhadap Neno sebagai tersangka dilakukan, Rabu (2/6). “Nanti saya info ya pak hasil pemeriksaanya. Maaf, saya masih ada kegiatan di luar,” kata SUta Astawa kepada wartawan.

Sampainya kasus ini di ranah hukum bermula saat Neno sebagai kasir di Gereja Protestan Indonesia di bagian Barat (GPIB) Jemaat Maranatha Denpasar (GPIB Maranatha Denpasar) terhitung sejak 16 Oktober 2015. Kemudian, Majelis Jemaat melakukan Sidang Evaluasi Program Triwulan ke IV ( Januari– Maret 2019 ) yang rencananya akan dilaksanakan pada 27 Mei 2019. Dengan demikian, maka bagian keuangan yaitu Bendahara, Bendahara I, Ketua IV serta Badan Pemeriksa Perbendaharaan Jemaat ( BPPJ) diminta melakukan cash opname.

BACA JUGA:   112 Guru PAUD di Kota Denpasar Ikuti Workshop Kompetensi

Dari situ terdapat silisih kas dan setara kas yang tidak dapat dipertanggung jawabkan oleh Unun Hadinansi Neno sebesar Rp 289.070.875. Neno disuruh membuat surat pernyataan untuk menggantikan uang tersebut paling lambat 15 September 2019. Namun, sampai batas waktu yang ditentukan, yang bersangkutan belum dapat mengembalikan dana ke kas gereja.

Sementara, Marthen Boiliu selaku kuasa hukum tersangka mengatakan, kliennya sedang mempertimbangkan dua langkah opsi selanjutnya. “Kami menyiapkan dua opsi langkah hukum klien saya. Yaitu sedang mempertimbangkan langkah hukum praperadilan atau menghadapi dakwaan jaksa di persidangan pengadilan pidana,” tandasnya, Rabu 2 Mei 2021. (dum)

One Comment

  1. Audit Forensik ini sangat penting dilakukan oleh seorang auditor yang kompoten karena dalam hal ini tugas dari audiotr forensik yaitu memberikan pendapat hukum dalam pengadilan dan ada juga peran auditor forensik dalam bidang hukum diluar pengadilan, misalnya dalam hal membantu merumuskan alternatif penyelesaian perkara dalam sengketa, perumusan perhitungan ganti rugi dan upaya menghitung dampak pemutusan atau pelanggaran kontrak. Adapun tujuan dari audit forensik yaitu untuk mendeteksi atau mencegah berbagai jenis kecurangan (fraud).

    Di dalam melakukan audit forensik seorang auditor forensik mencoba menguak adanya suatu tindak pidana korupsi. Auditor perlu alat yang lebih handal dalam membongkar indikasi adanya korupsi atau tindak penyelewengan lainnya di dalam pemerintahan atau BUMN dan BUMD dan hal yang diperlukan apabila terjadi kasus seperti ini yaitu dengan melakukan audit forensik.

    Karena sifat dasar dari audit forensik yang berfungsi untuk memberikan bukti di pengadilan, makan fungsi utamanya yaitu untuk melakukan audit investigasi terhadap tindakan kriminal dan untuk memberikan keterangan saksi ahli di pengadilan.

    Akuntan Nelson Group sebagai sahabat pusat akuntansi keuangan-auditing independen-konsultasi pajak akan senantiasa membantu pemerintah daerah / koperasi LPD / manajemen perusahaan dalam audit spesialis crime case (pidana perdata tipikor). Berpengalaman dalam menghandle audit crime case dan menjadi praktisi sejak tahun 2006.

    Konsultasi dan appointment silakan hubungi / segera kunjungi :
    Akuntan Nelson Group
    0818-0828-9010
    LOBI Quest hotel
    Jalan mahendradata denpasar
    Senin-Jumat jam 09-18
    Bapak Nelson SE.,CA

    SEARCHING GOOGLE “KANTOR AKUNTAN NELSON”

Back to top button