Anggaran Terseok-seok, Ini Kata Bupati Gianyar Soal Program Kesehatan Masyarakat

0
516
Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra menjelaskan program bantuan kesehatan masyarakatnya.

GIANYAR – Di tengah anggaran terseok-seok akibat pandemi Covid-19, Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra memastikan program bantuan kesehatan untuk masyarakat tetap berjalan.

Made Mahayastra menegaskan, bantuan kesehatan merupakan program unggulan yang bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat di tengah krisis ekonomi. Disadarinya biaya kesehatan cukup mahal. Namun, ia tidak ingin warganya yang sehat ikut sakit karena memikirkan biaya pengobatan keluarganya.

BACA JUGA:   Calon Tidak Perlu Kerahkan Massa Banyak Saat Mendaftar

Karenanya, meskipun anggaran dari beberapa program terpaksa dipotong untuk menyelamatkan ekonomi daerah, pejabat asal Desa Melinggih, Kecamatan Payanga itu bersikeras mempertahankan program kesehatan gratis.”Program kesehatan gratis ini tidak akan kena dampak dari krisis karena ini merupakan program yang sangat prioritas,”tegas Mahayastra usai sidang paripurna di Gedung DPRD Gianyar, Senin 31 Mei 2021.

Catatan WARTA BALI, sejak Pemkab Gianyar melakukan efisiensi anggaran akibat krisis pendapatan dampak pandemi Covid-19, banyak dilakukan pemotongan anggaran hingga refocusing seperti pemotongan gaji pegawai harian lepas (THL) sekitar 30-50 persen, peniadaan rekrutmen CPNS dan P3K, peniadaan proyek pembangunan menggunakan APBD Gianyar, serta lainnya.

BACA JUGA:   Sepekan Tak Ditemukan, Pencarian Ni Komang Ayu Dihentikan

Tahun 2021, Pemkab Gianyar menyediakan anggaran Rp 35 miliar, tapi bersifat fluktiatif.

Program bantuan kesehatan gratis merupakan program unggulan Pemkab Gianyar untuk mengcover biaya pengobatan masyarakat di Bumi Seni.

Program tersebut bisa dimanfaatkan di semua rumah sakit milik Pemkab Gianyar mulai dari keluhan segala jenis penyakit hingga gangguan kejiwaan. Prosesnya pun tidak berbelit-belit. Pasien cukup menunjukkan KTP dan KK Gianyar di RSUD Sanjiwani atau RSUD Payangan. Jika pasien harus mendapatkan penanganan di rumah sakit lain, maka dua rumah sakit itu merujuknya. (jay)

BACA JUGA:   Rapat Persiapan Hari Raya Nyepi di Gianyar, Ini Imbauan Sekda dan PHDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here