Aman Konsumsi Daging Babi, Olah Sampai Matang

0
296
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana.

MANGUPURA – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung menyatakan mengkonsumsi daging babi aman, dengan catatan pengolahannya sampai matang. Olahan daging babi mentah atau setengah matang sangat rentan. Apabila babi yang dikonsumsi terinfeksi, maka bakteri tersebut bisa masuk ke tubuh manusia.

BACA JUGA:   Desa Cemagi Canangkan Gerakan Merdeka Bebas Sampah Plastik

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana menjelaskan penyakit pada babi yang disebabkan oleh Streptococus suis sudah ada obatnya. Berupa antibiotik sejenis penisilin dan babi yang sakit akibat bakteri ini biasanya bisa kembali sehat.

“Kami menghimbau kepada masyarakat jika babinya ada gejala sakit, agar segera menghubungi petugas kami untuk mendapatkan penanganan,”kata Wijaya yang dikonfirmasi, Rabu (12/5/2021)

BACA JUGA:   Duel dengan Perampok, Buruh Proyek Tewas 

Wijana mengingatkan masyarakat yang membuat olahan daging hewani termasuk babi agar menghindari menggunakan olahan daging setengah matang apalagi daging mentah hal ini yg menyebabkan bakteri bisa masuk kedalam tubuh manusia.

BACA JUGA:   Tersentuh Kepedulian Suiasa, GiriAsa Diharapkan Lanjutkan Kepemimpinan

“Apabila daging babi diolah dengan baik dan dimasak dengan matang, sebetulnya sangat aman untuk dikonsumsi sehingga masyarakat tidak perlu merasa khawatir untuk mengkonsumsi daging babi,”pungkasnya.(lit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here